Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Lapas Kotabaru Usulkan 623 Napi Peroleh Remisi

0

Kotabaru, jurnalsumatra.com – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Kotabaru, Kalimantan Selatan, mengusulkan 623 orang nara pidana untuk mendapatkan remisi khusus keagamaan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.
Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Kotabaru Bambang Triharjono, di Kotabaru Kamis mengatakan, jumlah Napi yang mendapatkan usulan masih akan beruba, karena adanya perubahan.
“Tidak menutup kemungkinan jumlahnya bertambah atau sebaliknya, dan usulan ini paling lambat harus diterima pihak Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Wilayah Kalasel, pada Jumat (1/7),” katanya.
Dia menjelaskan, persyaratan untuk mendapatkan remisi khusus atau remisi keagamaan di antaranya, berkelakuan baik, tidak melanggar aturan dalam Lapas dan mengikuti semua program bimbingan, dan telah menjalani hukuman minimal enam bulan.
Dikatakan, pengurangan sebagian masa tahanan dan remisi khusus langsung bebas, dan Napi yang mendapatkan remisi terkait kasus Narkoba, korupsi dan pencucian uang dan yang lainnya.
Bambang menambahkan, hingga saat ini kondisi Lapas Kelas II Kotabaru mengalami kelebihan kapasitas, yakni dari sekitar 150 orang dihuni sebanyak 1.143 orang nara pidana.
“Lebih dari 60 persen Napi berasal dari Kabupaten Tanah Bumbu, sisanya dari Kotabaru,” tutur dia.
Sedangkan jenis kasus mayoritas adalah kasus Narkoba, dan sisanya kasus umum.(anjas)