Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DINSOS Jakarta Tindak Tegas PMKS

0

Jakarta, jurnalsumatra.com – Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi DKI Jakarta akan menindak tegas Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang terjaring kembali dalam razia dan melanggar perjanjian untuk tidak menjadi PMKS lagi.
“Kami juga akan memberikan surat perjanjian kepada PMKS yang terkena penjangkauan, untuk tidak menjadi PMKS lagi di Jakarta. Jadi apabila terkena lagi, akan kami bawa ke ranah hukum dan bisa dipenjara,” kata Kepala Dinsos Provinsi DKI Jakarta Masrokhan, Jakarta, Sabtu.
Pada Jumat malam (1/7), pihaknya menggelar penjangkauan malam gabungan dan menjaring 30 PMKS di titik-titik rawan seperti Kemayoran, Ancol, Gunung Sahari, Harmoni, Gatot Subroto dan Blok M.
“Saya berharap kegiatan ini bisa menekan jumlah PMKS secara maksimal,” ujarnya.
Masrokhan mengatakan pihaknya terus melakukan pengjangkauan terhadap PMKS untuk menjaga ketertiban umum dan kenyamanan masyarakat.
Dia berharap masyarakat dapat menyadari bahwa memberi atau menerima di jalan merupakan pelanggaran Peraturan Daerah DKI Jakarta Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.
Penjangkauan itu melibatkan petugas Pelayanan, Pengawasan dan Pengendalian Sosial (P3S) Dinas Sosial DKI Jakarta, suku dinas sosial di lima wilayah kota, Satuan Polisi Pamong Praja, Kepolisian, dan Garnisun.
Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Provinsi DKI Jakarta Chaidir mengatakan penjangkauan ini bagian dari menyelamatkan PMKS dari jalanan.
Chaidir juga mengimbau agar petugasnya bersikap humanis saat melakukan penjangkauan.
“Karena PMKS tersebut juga manusia yang merupakan bagian dari masyarakat. Maka perlu dilayani juga,” ujarnya.
Dia juga mengimbau masyarakat tidak serta-merta memberi uang pada PMKS di jalanan.
“Kami ingin mengajak masyarakat Jakarta untuk lebih cerdas memberi. Tidak memberi di jalan. Karena itu hanya akan membuat PMKS semakin nyaman di Jakarta,” tuturnya.(anjas)