Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


UNAND Berlakukan Piket Jaga Saat Libur Lebaran

0

Padang, jurnalsumatra.com – Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, memberlakukan sistem piket untuk pegawainya guna menjaga keamanan dan suasana kondusif selama libur lebaran Idul Fitri 1437 Hijriah.
“Sistem ini telah rutin dan menjadi kewajiban bagi pegawai bergantian berada di kampus untuk memastikan keamanan bersama satpam,” kata Kepala Humas Unand, Eriyanty di Padang, Sabtu.
Dia menyebutkan piket jaga pegawai ini mulai dilaksanakan hari ini 2 Juli 2016 hingga tanggal 10 Juli 2016 dengan dibagi beberapa kelompok yang terdiri lima hingga enam orang.
Pegawai yang akan bertugas tersebut terdiri atas pimpinan universitas dan fakultas serta beberapa kepala bagian dan subbagian digilir bertugas setiap harinya, termasuk saat salat Idul Fitri.
Piket ini dilaksanakan sesuai hari kerja pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB, sedangkan untuk jaga malam diserahkan pada satuan pengaman.
“Tugas pegawai yang piket ini memastikan keamanan dan keutuhan kampus beserta isinya,” ujarnya.
Dalam hal ini tambahnya, pegawai akan dibantu oleh satpam yang akan terus berjaga di kampus baik siang dan malam.
Secara khusus pegawai piket ini tidak mengeksekusi langsung bila ada yang melakukan pelanggaran namun melaporkan pada pimpinan terkait hal tersebut.
“Meskipun demikian piket ini lebih dikhususkan bagi pegawai yang berdomisili di Padang, sedangkan yang kos atau menetap sementara mendapat kompensasi untuk pulang ke kampungnya,” tambahnya.
Bagi pimpinan kata dia, sistem piket jaga ini amat membantu memudahkan pengawasan terhadap aset kampus.
Sebab pada saat tidak ada kegiatan di kampus seperti saat ini, memiliki kerawanan akan ada pencurian atau perampokan terhadap aset kampus tersebut.
Untuk itu pimpinan berharap selain ada pegawai yang piket jaga, masyarakat sekitar juga ikut membantu dalam pengawasan terhadap aset kampus tersebut.
“Tentunya kami berterima kasih kepada warga jika dapat membantu menjaga keamanan kampus,” katanya.
Sementara itu salah satu warga tinggal di sekitar Unand, Mutia (46) berharap sistem jaga ini tidak hanya sekedar simbol tanpa ada aplikasi yang nyata.
Menurutnya perlu ada pengawasan pimpinan agar para pegawai yang piket tersebut benar mengerjakan tugasnya.
“Percuma jaga, kalo nantinya ada yang pulang dalam bertugas,” ujarnya.(anjas)