Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


ADD Bisa Menuju Desa Mandiri

0

20160413Dana_Desa-1Lahat, jurnalsumatra.com – Berbagai terobosan terus dilakukan oleh Pemerintah Pusat, salah satunya dengan menggelontarkan Anggaran Dana Desa (ADD), melalui Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), untuk seluruh desa se-Indonesia.Tujuannya, agar masing-masing kepala desa (Kades), dapat mengembangkan serta memajukan desa itu sendiri menuju desa mandiri.

Sedangkan, untuk pengelolaan ADD, langsung diterima pemerintahan desa menjadi pondasi pembangunan, dalam mengembangkan dan memajukan desa tersebut.

Seperti diungkapkan, Kepala BPMPD Provisni Sumsel, H Yusnin S Sos Msi, pada acara Rapat Koordinasi Tekhnis (Rakornis), Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) XII, Tingkat Provinsi Sumsel, 2016, di Grand Zuri, belum lama ini.

“Yang jelas, kami optimistis adanya bantuan dana desa dari APBN bisa membantu desa lebih cepat dalam pembangunan dan pemberdayan warganya,” ungkapnya dengan lantang.

Oleh karena itu, Ia mengharapkan, para kades dapat mengelola anggaran tersebut dengan baik, sesuai RAB yang ada, RPJMDES dan RKP Desa, sehingga selain pembangunan desa juga cepat dalam penggunanaya juga sesuai aturan yang sudah ditentukan.

“Kami yakin jika kades (kepala desa) dapat menggunakan anggaran dengan baik, dan tidak neko-neko nantinya,” pesan H Yusnin.

Sementara itu, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE melalui Kepala BPM Pemdes, HA Rizal Baki SH MM mengatakan, memang pembangunan desa saat ini lebih diperhatikan. Hal itu dibuktikan dengan adanya dana desa yang bersumber dari APBN.

“Karenanya, kepala desa dalam pengelolaan anggaran ini harus sesuai aturan dan pengajuan program pembangunan,” ulasnya.

Menurutnya, dana ini juga akan membantu pengentasan desa tertinggal. “Saya harap para kades tidak ada yang menyalahi penggunaan anggaran ini, karena itu merupakan anggaran yang harus dipertanggungjawabkan, jangan sampai disalahgunakan,” tegas HA Rizal Baki.

Terpisah, Ivan Syahril Rangkuti SE MSi Kepala sub Direktorat Teknologi Tepat Guna (TTG) mengemukakan, bantuan dana desa sangat membantu dalam pembangunan. Dia meyakini kedepan desa mandiri segera terbentuk. “Insya Allah dengan diberikan bantuan dari pemerintah pusat berupa ADD, pastinya desa dapat mengelola keuangannya tepat sasaran dan desa mandiri dengan sendirinya terwujud,” kata Ivan Syahril. (Din)