Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Indekos/Kontrakan Indikator Terjadinya Urbanisasi

0

Bandung, jurnalsumatra.com – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menuturkan pertumbuhan rumah kos-kosan atau indekos bisa menjadi salah satu indikator terjadinya urbanisasi pasca-Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah atau Lebaran 2016.
“Kos-koan atau kontrakan sebagai indikator bahwa di situ terjadi atau ada urbanisasi,” kata Dedi Mulyadi, di sela-sela Acara Silaturahmi/Halal Bilhalal Hari Raya Idul Fitri 1437H, di halaman parkir barat Gedung Sate Bandung, Jawa Barat, Selasa.
Menurut dia selain menjadi indikator urbanisasi keberadaan indekos atau rumah kontrakan saat ini juga menjadi bisnis tersendiri karena jika dulu harga sewanya hanya beberapa ratus ribu per bulan namun sekarang bisa mencapai jutaan rupiah per bulannya.
Ia menuturkan Kabupaten Purwakarta juga termasuk salah satu daerah tujuan urbanisasi karena di kawasan ini terdapat kawasan industri.
“Jadi urbanisasi (setelah lebaran) di daerah kita ada tapi bukan tujuan favorit karena di sini kan ada kawasan industri). Ada orang Jatim atau Jateng yang kerja di sini kemudian membawa saudaranya ke sini,” kata dia.
Menurut dia, selama ini pertumbuhan penduduk di Kabupaten Purwakarta relatif stabil yakni mencapai 1 juta orang pada siang hari dan sekitar 968 ribu pada malam hari.
“Komposisi penduduknya sendiri adalah 20 persen pendatang dan sisanya yakni 80 persen warga asli Purwakarta,” ujar Dedi yang juga ketua umum DPD Golkar Jabar.(anjas)