Polres Sijunjung Turunkan Tim Urai Kemacetan Jalinsum

0

     Sijunjung, Sumbar, jurnalsumatra.com – Kepolisian Resor Sijunjung di Provinsi Sumatera Barat berupaya mengurai kepadatan lalu lintas khususnya di Jalan Lintas Sumatera selama arus balik Lebaran 2016 dengan menurunkan empat tim urai yang selalu bergerak.
Kapolres Sijunjung AKBP Dody Pribadi SIk melalui Kasatlantas AKP Alkadri Trijaya, di Muaro Sijunjung, Selasa, mengatakan tim urai ini diterjunkan untuk mengurai dan memperlancar arus lalu lintas yang macet, diakibatkan kecelakaan maupun bencana alam yang sering terjadi di beberapa titik daerah itu.
Satu tim urai berjumlah lima personel menggunakan mobil patroli pengawalan dan sepeda motor yang selalu bergerak (mobile) pada pagi, siang, sore, dan malam hari.
Tim urai juga melakukan patroli menggunakan kendaraan dinas, antara lain untuk memberikan imbauan dan penyuluhan di lokasi rest area yang digunakan para pemudik untuk beristirahat.

     Tim juga memberitahukan pos pelayanan yang dapat dimanfaatkan para pengguna jalan jika membutuhkan informasi seputar arus lalu lintas yang akan dilalui pemudik.
Kegiatan ini mengikutsertakan instansi terkait lainnya seperti Satpol PP, Dishub, Dinas Kesehatan, dan BPBD setempat.
“Sampai saat ini berdasarkan laporan anggota di lapangan, situasi arus lalu lintas di Kabupaten Sijunjung terpantau aman dan lancar,” katanya lagi.
Meskipun tugas utama tim adalah menangani kelancaran arus lalu lintas, namun penegakan hukum bagi pelanggar tetap dilakukan seperti pengendara yang tidak menggunakan helm, mengemudikan kendaraan dengan ugal-ugalan serta menggunakan handphone saat berkendara.
Ia mengimbau para pengendara yang ingin mendapatkan informasi seputar arus lalu lintas, agar tidak sungkan menghubungi petugas yang berada di pos-pos pelayanan terdekat atau melalui call center 9119.(anjas)