Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Demi Asian Games Sumsel Tata Akses Jakabaring

0
syamsul bahri

Demi Asian Games Sumsel Tata Akses Jakabaring

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Demi kelancaran arus lalu lintas menuju kawasan Jakabaring yang merupakan pusat pertandingan cabang olahraga pada Asian Games pada 2018 mendatang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) tengah mempersiapkan penataan jalan akses menuju Jakabaring.

Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II sebagai pintu gerbang internasional menuju Sumsel, merupakan pangkal akses utama menuju Jakabaring yang akan ditata.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bina Marga Susmel Syamsul Bahri, ada empat koridor akses yang akan ditata, yaitu koridor pertama yaitu jalur Bandara-Jembatan Ampera-Jakabaring yang melewati Jalan Letjen Harun Sohar, Kol. H. Burlian, Jenderal sudirman dan Gub. H. Bastari.

Koridor kedua yaitu jalur Bandara-Kebun Sayur-Jembatan Musi V-Jakabaring yang melewati Jalan HM. Noerdin Panji, Pangeran Ayin, MP. Mangkunegara, M. Isa, Perintis Kemerdekaan, Jembatan Musi IV dan Jalan Ahmad Yani.

Koridor ketiga  yaitu jalur Bandara-Demang Lebar Daun-Jemabatan Musi VI-Jakabaring yang melewati Jalan Letejen Harun Sohar, Kol. H. Burlian, Demang Lebar Daun, Sultan M. Mansyur, Jemabatan Musi VI hingga Jakabaring.

Koridor keempat via jalur Bandara-Jalan Soekarno Hatta-Jembatan Musi II-Jakabaring yang melewati Jalan Letjen Harun Sohar, Soekarno Hatta, Alamsyah R. Prawiranegara, Yusuf Singadekane, Wahid Hasyim yang melewati Simpang Keramasan hingga Jakabaring.

Adapun satu koridor di luar kota Palembang yang akan terintegrasi dengan jalan tol Palindra yaitu mulai dari pintu tol di kota Indralaya yang menuju Jalan Lingkar Selatan di Kecamatan Pemulutan Kabupataen Ogan Ilir (OI) hingga menuju Jakabaring.

Maksud penataan jalan itu yaitu memperbaiki, memperlebar dan mempercantik jalan di lima koridor tersebut,” jelas Kepala Dinas Pekerjaan Umum (Umum) bina Marga Sumsel Syamsul Bahri di kantornya, Rabu (13/7/2016).

Ditambahkannya, saat ini progres penataan jalan tersebut baru sekitar 20 persen dan ditargetkan progresnya hingga 70 persen di akhir tahun ini. Sementara target selesai secara keseluruhan paling lambat pada September 2017.

Khusus pembangunan Jemabatan Musi IV dan VI juga kini tengah dikebut pengerjaannya dan ditargetkan juga selesai tahun depan. Pokoknya sebelum Asian Games semua selesai,” tegasnya.

Sementara Wakil Gubernur Sumsel Ishak Mekki yang juga mengadakan rapat dengan pihak Dinas PU berharap, segala persiapan pembangunan infrastruktur terutama jalan, selesai sebelum Asian Games.

Pihaknya berjanji akan terus mengawasi kinerja Dinas PU yang menggarap proyek penataan jalan tersebut bersama PT. Cipta Karya.

Palembang nantinya akan dikepung pada perhelatan Asian Games sehingga jalanan dan arus lalu lintas kita padat. Perlu banyak alternatif jalan supaya dapat mengurai kemacetan. Inilah yang sedang kita usahakan,” ujarnya”(RN)