Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemprov Papua Agendakan Ganti Pansel Kursi Otsus

0

    Jayapura, jurnalsumatar.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua rencananya akan mengganti keanggotaan panitia seleksi (pansel) perekrutan 14 kursi tambahan Otonomi Khusus (Otsus) di Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) melalui jalur adat yang terdiri dari lima orang.
Asisten Bidang Pemerintahan, Hukum dan HAM Sekda Provinsi Papua Doren Wakerkwa, di Jayapura, Kamis, mengatakan rencana penggantian pansel ini diduga karena adanya kecurangan yang dilaksanakan selama proses seleksi.
“Jadi ada laporan yang masuk bahwa panitia meminta sejumlah uang kepada para pendaftar perekrutan 14 kursi tambahan Otsus,” katanya.
Menurut Doren, selain itu, juga masuk laporan mengenai panitia yang tidak mengakomodir keterwakilan dari masing-masing wilayah adat.

    “Panitia seleksi ini juga belum memiliki tolak ukur atau indikator yang jelas mengenai  perekrutan 14 kursi tambahan Otsus jalur adat tersebut,” ujarnya.
Dia menjelaskan seharusnya pansel lebih bijaksana dan profesional serta memberikan kesempatan kepada para pendaftar dari seluruh wilayah adat di Provinsi Papua, tidak sewenang-wenang memilih calonnya.
“Untuk itu, pemerintah juga akan menyediakan anggaran bagi proses perekrutan 14 kursi tambahan Otsus di DPRP melalui jalur adat ini,” katanya lagi.
Sebelumnya, Pemprov Papua akan meninjau ulang hasil seleksi perekrutan 14 kursi tambahan Otonomi Khusus (Otsus) di Dewan Perwakilan Rakyat Papua (DPRP) melalui jalur adat yang diumumkan pada 11 Juli 2016.
Doren mengatakan dalam proses perekrutan tersebut dianggap belum sah karena banyaknya laporan kecurangan yang disampaikan kepada pihaknya.(anjas)