Pemprov Papua Tunggu Penambahan Kembali Kuota IPDN

0

Jayapura, jurnalsumatra.com – Pemerintah Provinsi Papua masih menunggu keputusan dari pusat mengenai penambahan afirmasi untuk calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Tahun Ajaran 2016 di wilayahnya.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua Nicholaus Wenda di Jayapura, Kamis, mengatakan penambahan afirmasi itu karena jumlah calon praja IPDN yang telah mengikuti tahapan seleksi belum mencapai kuota sesuai yang ditetapkan.
“Jadi dari 977 calon praja IPDN yang mengikuti tahapan seleksi terakhir, tercatat 44 saja yang lulus dan kini akan mengikuti tes pantohir,” katanya.
Dia mengatakan 44 calon praja itu mengikuti pantohir di Jatinangor pada 11-14 Juli 2016, dan setelah mendapat hasil, akhirnya baru dibahas kembali mengenai tambahan afirmasi khusus Papua.

“Karena ada kekurangan kuota untuk orang asli Papua maka dibuat afirmasi khusus masyarakat ‘Bumi Cenderawasih’ dan ini akan dilakukan setelah pelaksanakan tes pantohir,” ujarnya.
Dia menuturkan berdasarkan informasi sebelumnya, penambahan afirmasi akan diambil dari Tes Kompetensi Dasar (TKD), namun kepastiannya tetap menunggu dari pusat.
“Namun, persyaratannya apa saja untuk penambahan afirmasi ini, kami juga belum tahu sehingga masih akan menunggu informasi dari pusat,” katanya.
Dia mengatakan perekrutan calon praja IPDN di wilayah Papua  telah melalui tahapan seleksi TKD, kesehatan hingga psikologi, dan kini akan memasuki masa pantohir.
Sebelumnya, 977 putra putri Papua yang berasal dari seluruh kabupaten/kota di wilayah “Bumi Cenderawasih” mengikuti TKD calon praja IPDN Tahun Ajaran 2016.
TKD yang dilaksanakan di Kantor Regional IX BKN Jayapura tersebut, menggunakan sistem Computer Assisted Test.(anjas)

Share.