Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


DPRD Buton Selatan Dorong Pengembangan Jeruk Siompu

0

     Kendari, jurnalsumatra.com – DPRD Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara, mendorong pengembangan budi daya tanaman jeruk siompu di wilayah itu karena potensinya cukup menjanjikan kesejahteraan petani.
“Kami DPRD Buton Selatan telah berkonsultasi dengan Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian untuk membantu para petani di Buton Selatan mengembangkan budi daya tanaman jeruk siompu yang saat ini sudah hampir punah,” kata Anggota DPRD Buton Selatan La Witiri di Kendari, Jumat.
Menurut dia, budi daya tanaman jeruk siompu di wilayah Pulau Siompu dan Kadatua, memiliki prospek yang cukup cerah karena buah dari tanaman tersebut beraroma khas dan cita rasa tersendiri.
Saat ini, kata dia, kondisi tanaman jeruk Siompu tersebut sudah hampir punah karena para petani tidak memiliki modal dan pengetahuan yang memadai dalam memelihara tanaman.

     “Oleh karena itu, kami DPRD Buton Selatan sangat mengharapkan Kementerian Pertanian melalui Dirjen Hortikultura untuk membantu para petani mengembangkan budi daya jeruk siompu secara besar-besaran di Pulau Siompu dan Kadatua,” katanya.
Jeruk siompu merupakan tanaman khas Pulau Siompu yang hanya bisa tumbuh subur dan berbuah manis dengan cita rasa tersendiri di Pulau Siompu dan Pulau Kadatua.
Bila tanaman tersebut ditanam di luar wilayah Pulau Siompu dan Kadatua, katanya, cita rasanya berubah menjadi kecut, masam, dan beraroma kurang sedap.
“Di tahun 1995-2000, jeruk siompu pernah dikembangkan di daratan Pulau Buton, di wilayah Batauga dan Sampolawa. Hasilnya, cita rasa buahnya sangat jauh berbeda dengan jeruk yang tumbuh di Pulau Siompu,” kata Witiri.
Menurut dia, jeruk siompu memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki oleh jeruk asal daerah lainnya.
Selain rasanya lebih manis dibandingkan dengan hampir semua jenis jeruk unggulan di Tanah Air, seperti jeruk keprok dari Sumatra, Kalimantan, Bali, dan Jawa, juga aroma buahnya menarik selera orang untuk menikmatinya.
“Oleh karena itu, kami DPRD bersama pemerintah setempat bersepakat  menjadikan tamanan jeruk siompu sebagai tanaman budi daya unggulan di Buton Selatan,” katanya.(anjas)