Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Arus Balik Masih Ramai Di Jalintim Lampung

0

     Mesuji, Lampung, jurnalsumatra.com – Arus balik ratusan kendaraan roda empat dan roda dua berpelat Jakarta terlihat masih memadati ruas Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatera di Simpang Pematang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung.
Kondisi ruas Jalintim di Mesuji hingga ke Bandarlampung pada Jumat (15/7) petang hingga Sabtu pagi, menunjukkan kepadatan kendaraan luar daerah yang hendak menuju Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Lampung Selatan masih padat.
Sebagian pengguna kendaraan itu, terlihat memanfaatkan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) sebagai tempat beristirahat sementara dalam perjalanan.
Sejumlah SPBU yang ada mulai dari sepanjang Jalintim di Mesuji Lampung hingga perbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan nampak dipadati para pengendara sepeda motor dan mobil umumnya berpelat nomor Jakarta.
Para pengguna kendaraan berpelat B dari arah Sumatera Selatan itu umumnya menuju Pelabuhan Bakauheni meluangkan waktu untuk beristirahat di rest area yang disediakan, antara lain di SPBU 24.345.81 Desa Jayasakti  Simpang Pematang Mesuji Provinsi Lampung.

     Beberapa kendaraan pemudik berpelat luar Lampung yang melintas di jalan perbatasan antara Sumsel-Mesuji Lampung terlihat silih berganti beristirahat di SPBU itu.
Selain mengisi bahan bakar untuk kendaraan roda empat dan roda dua yang digunakan, para pengendara itu beristirahat sejenak sembari minum kopi di SPBU, ujar Santo, warga Mesuji.
Salah satu pengendara itu, Andi, mengaku melakukan perjalanan  dari Palembang, Sumsel dengan tujuan Jakarta. Dia menyatakan sengaja kembali ke Jakarta usai libur lebaran, untuk menghindari kemacetan kendaraan saat memasuki Pelabuhan Bakauheni di Lampung Selatan.
“Saya sengaja pulang ke Jakarta usai lebaran ini, supaya nanti tidak kejebak macet saat memasuki Pelabuhan Bakauheni dan Merak,” katanya lagi.
Para pemudik ini memanfaatkan SPBU selain untuk mengisi bahan bakar, juga untuk beristirahat makan dan menggunakan toilet atau musala yang tersedia.
“Sekalian isi bensin dan istirahat sejenak lepas lelah dari perjalanan jauh,” kata Joko, warga Pekanbaru yang baru pulang mudik kembali dari Pekanbaru menuju Jakarta.
Menurut joko, selama di perjalanan mulai dari Pekanbaru arus lalu lintas siang harinya tersendat. Penyumbatan arus mulai terjadi begitu memasuki Jalintim Sumatera di Palembang (Sumsel) menuju ke Lampung.

     Joko yang berangkat bersama anak dan istrinya serta sejumlah teman sekampung halaman, memilih beristirahat di SPBU untuk menghilangkan penat setelah jauh berjalan.
Menurut salah seorang petugas SPBU di Jalintim Mesuji, pengendara roda dua dan roda empat sengaja memanfaatkan fasilitas di SPBU untuk beristirahat.
Menurut petugas SPBU itu, kondisi tersebut rutin terjadi setiap libur lebaran. “Sudah rutin setiap lebaran maupun usai lebaran SPBU dijadikan tempat beristirahat pengendara roda empat dan roda dua. Mereka sekalian isi bahan bakar juga numpang ke toilet,” kata Alim, petugas SPBU itu pula.
Menurut Alim, para pengendara sepeda motor yang beristirahat di SPBU sudah terlihat sejak pagi hingga malam. Kebanyakan dari mereka ada yang konvoi atau hanya satu keluarga.
Kepadatan arus kendaraan roda empat dan roda dua berpelat Jakarta, Bogor, Serang, dan beberapa daerah lain di Pulau Jawa juga terlihat di ruas Jalinsum wilayah Kota Bandarlampung.
Kendaraan warga yang usai mudik Lebaran 2016 itu mulai terlihat dari Jalan Lintas Tengah Sumatera di wilayah Kecamatan Natar, Lampung Selatan hingga ke jalan by pass Soekarno-Hatta Kota Bandarlampung.
Kendaraan roda dua dan empat berpelat nomor Jakarta (B) mendominasi di Jalinsum wilayah Bandarlampung itu, selain kendaraan berpelat lainnya, yaitu Bogor, Serang, Bandung, dan beberapa daerah lain di Pulau Jawa.
Diperkirakan kepadatan arus balik usai Lebaran 2016 gelombang kedua masih terjadi pada Sabtu-Minggu (17/7) ini, setelah terjadi puncak kepadatan arus balik pada akhir pekan lalu, mengingat para pelajar yang harus mulai bersekolah pada Senin (18/7) mendatang.(anjas)