Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemkab OKI bekali Jama’ah Haji Untuk Haji Mabrur

0

c22b3e6a-6706-451d-8ea8-65b03e81692dKayuagung, jurnalsumatra.com – Pembekalan rangkaian ibadah haji ketanah suci untuk mencapai ibadah yang khusuk dan menjadi haji mabrur diberikan oleh Pemkab OKI kepada calon jama’ah haji asal Kabupaten OKI pada pembukaan manasik haji digedung olahraga Biduk Kajang Kayuagung senin (18/7).

Pelaksanaan ibadah haji membutuhkan persiapan – persiapan yang harus dipersiapkan oleh para jama’ah sebagai bekal melaksanakan ibadah haji tapi persiapan yang paling penting yaitu “persiapan hati nurani kita dan iman kita, keberangkatan ibadah haji membutuhkan biaya yang sangat besar maka akan sangat rugi apabila dilakukan dengan sia – sia oleh karna itu persiapkan iman kita kosongkan semua pikiran keburukan tingkatkan keimanan dan ketakwaan kita untuk mendapatkan haji yang mabrur”. Dalam sambutannya Bupati OKI yang diwakili oleh Asisten Bidang Umum dan Kesra H. Masherdata Musa’i SH M.Si.

 “ikutilah manasik haji ini sebaik-baiknya karena manasik inilah pebekalan menjalankan ibadah haji”, ujarnya.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten OKI yang diwakili oleh Kaubag TU Samsul Bahri S. Ag menyampaikan hingga saat ini jumlah data Siskohat yang telah melunasi dan dinyatakan berangkat hajitahun 1437 H / 2016 M dari Kabupaten OKI berjumlah 276 orang dengan rincian 256 orang regular dan 20 orang regular kategori lanjut usia dan mahram. “katanya.

Para jama’ah yang dinyatakan sebagai calon jama’ah haji resmi dan berhak mendapat fasilitas dari Negara berupa pembinaan meliputi penyuluhan dan  bimbingan manasik haji, pelayanan kesehatan meliputi pemeriksaan, perawatan dan pemeliharaan kesehatan baik ditanah air mauoun di Arab Saudi, akomodasi meliputi pemondokan serta cathering selama di embarkasi, debarkasi maupun di Arab Saudi, serta dokumen haji meliputi paspor dan dokumen perjaran haji lainnya, trasportasi haji dan yang terakhir perlindungan haji. “jelasnya.

Seperti yang disampaikan oleh Ustad Romi pembimbing manasik haji yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten OKI mengakatakan pembekalan manasik haji yang diberikan kepada para jama’ah merupakan gambaran rangkaian kegiatan ibadah haji ditanah suci nantinya seperti melakukan tawaf, syai, melontar jumroh, selain itu diberikan juga diberikan pembekalan tentang kehidupan sehari-hari selama ditanah suci dikarenakan adat timur tengah dan Indonesia agak berbeda, “tutupnya.(rico)