Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


PEMKOT Palu Dan Boras Kembangkan Hutan Kota

0

Palu, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah menggandeng Institut Teknologi Bandung untuk merencanakan pengembangan huan kota guna mempercepat realisasi kerja sama dengan Pemerintah Kota Boras, Swedia.
Wali Kota Palu Hidayat, di Palu, Senin, mengatakan, “Pemerintah Kota Boras membutuhkan perencanaan pengembangan hutan kota untuk merealisasikan kerja sama dengan Pemkot Palu.”
Menurut Hidayat, ITB akan merancang pengembangan hutan kota yang saat ini berstatus arboretum di Kecamatan Palu Timur seluas 109 hektare untuk dijadikan dasar kerja sama Pemkot Palu dan Pemkot Boras.
Arboretum, kata dia, akan diubah menjadi hutan kota yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan rekreasi dan pendidikan, serta pemenuhan ruang terbuka melalui kerja sama dengan Pemkot Boras.
Ia menguraikan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah telah melimpahkan arboretum tersebut kepada Pemkot Palu untuk dimanfaatkan menjadi ruang yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat.
“Arboretum kita saat ini belum dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Pemkot Palu berupaya agar kawasan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat untuk rekreasi serta menjadi lokasi penelitian pengembangan ilmu pengetahuan,” ujarnya.
Pemkot Palu telah mengusulkan empat proyek kepada pemerintah Kota Boras pada awal tahun 2016. Empat proyek itu adalah pengolahan limbah rumah tangga sebagai sumber tenaga listrik, pengolahan limbah kotoran manusia sebagai sumber tenaga listrik.
Kemudian, pembangunan dan pengembangan hutan kota seluas 109 hektare dan pelaksanaan sekolah lingkungan di Kota Palu.
Proyek-proyek itu, kata Hidayat, mendapat respons yang positif atau diterima Pemkota Boras.
“Perutusan Pemkot Boras beberapa bulan silam datang ke Kota Palu, melihat lokasi. Pada prinsipnya, Pemkot Boras sangat merespons usulan Pemkot Palu,” katanya.(anjas)