Eftiyani Akan Ikut Pilkada Palembang Jalur Independent

0
eftiyani

Eftiyani Akan Ikut Pilkada Palembang Jalur Independent

Palembang, Jurnalsumatra.com-  Setelah belajar dari kekalahan Pilkada di tempat asalnya Kabupaten PALI Eftiyani kembali akan mencoba pertarungan Pilkada Palembang dua tahun mendatang.

Eftiyani yang sudah memastikan maju melalui jalur perseorangan. Mantan ketua KPU kota Palembang tersebut, sudah mengumpulkan dukungan untuk maju melalui jalur independen. “Saya sudah membuat tim yang tersebar di 107 kelurahan untuk mengumoulkan dukungan sesuai syarat yang dibutuhkan,” kata Eftiyani kepada wartawan, Selasa (19/7).

Dikatakan, jika mengacu pada syarat jalur perseorangan, maka untuk kota Palembang yang memiliki jumlah daftar pemilih tetap (DPT) diatas 1 juta pasa Pemiliha  Presiden (Pilpres) 2014 lalu, maka minimal syarat dukungan yang harus dipenuhi sebesar 6,5 persen. “Jika Palembang DPT pada Pilpres lalu sekitar 1,2 juta, maka 6,5 persen itu sekitar 80 ribu dukungan, sementara yang kita siapkan sebanyak 100 ribu KTP,” paparnya.

Eftinyani mengaku, sengaja memilih jalur independen karena lebih mudah berjuang untuk rakyat, lantaran tidak terikat kontrak politik dengan parpol. “Kenapa saya pilih independen, karena lepas dari tekanan kepentingan Parpol, dan bisa berbuat lebh baik kepada rakyat,” ungkapnya.

Ditambahkan, Modal 22, 85 persen suara Pilkada Pali tahun lalu menjadi modal dalam melangkah pada pilkada Pilkada Palembang nanti, terutama mengenai metode dukungan. Apalagi, dengan aturan yang baru ini, lebih memudahkan calon perseorangan. “Saya sudah konsultasi dengan KPU RI terkait independen pasca revisi UU Pilkada, sekarang lebih mudah karena PPS bekerja didampingi tim dari pasangan calon independen,” tuturnya.

Mengenai wakilnya? Eftiyani masih merahasiakannya, tapi ia memastikan wakilnya nanti merupakan putera asli kota Palembang. Selain soal kedaerahan, wakilnya juga orang yang memang mumpuni dalam bidang pemerintahan dan memiliki basis yang merakyat. “Sementara ini dukungan terus mengakir dari simpatisan, kerabat dan keluarga mesar Marhaen kota Palembang,” tukasnya.

Sebelumnya, selain Eftiyani juga ada politisi PDI Perjuangan Sakim MD yang mengatakan akan menjajaki jalur independen jika tidak diusung partai. Sementara dari parpol, dikabarkan incumbent wakilota Palembang Harnojoyo (Demokrat) bakal maju, juga mantan calon walikota, Sarimuda dan wakil walikota terpilih, Fitrianti Agustinda (PDI Perjuangan). (eka)

Share.