Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


TOL Palindra Capai 35 Persen

0
Jokowi Ke Sumsel Tinjau Jalan TOL dan LRT

Jokowi Ke Sumsel Tinjau Jalan TOL dan LRT

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Jalan tol palembang – indralaya palindra sepanjang 22 Km saat ini pengerjaannya sudah hampir 35 persen. Pengerjaan tol yang ditargetkan pada Juli 2017 sudah hampir rampung.

Hal ini disampaikan pimpinan Proyek Tol Palindra Hasan digriya agung rabu (20/7), saat ini progres pengerjaan Tol Palindra sudah 35 pesen. Sesi 1 Tol antara Palembang – Pemulutan sudah di aspal dan untuk tiketing tol pun sudah dibangun targetnya, hingga akhir tahun pengerjaan fisik 90 persen,”

pihaknya menargetkan pengerjaan fisik sudah selesai pada Juli 2017 mendatang. Hanya saja, untuk merealisasikan itu pihaknya terkendala pada pembebasan lahan yang masih ada spot-spot (beberapa bidang) belum bebas”urainya” Dengan masih adanya lahan yang belum bebas, cukup menganggu pengerjaan,”

Sambungnya saya berharap agar pembebasan lahan rampung pada bulan depan. Dijadwalkn ada rapat pembebasan lahan tol bersama dengan tim percepatan infrastruktur Sekda Sumsel H Mukti Sulaiman SH MHum dan Asisten I Setda Pemprov Sumsel Yohanes, Badan Pertanahan Negara (BPN) agar pembebasan lahan segera terealisasi. Setiap minggu kami selalu melaporkan progres report pembangunan Tol Palindra,” katanya.

Ia menjelaskan pembebasan lahan tersebut sudah diselesaikan melalui pengadilan (konsiyansi). Seharusnya jika sudah dilakukan hal itu maka secara legal proses pengerjaan fisik sudah bisa dilakukan.

Hanya saja, masyarakat awam ini tidak mau dan mengerti kalau belum dan tidak menerima uang tersebut. Seperti di pintu keluar  tol di daerah Pemulutan, Desa Muara Baru. “Kadang kami juga tidak bisa bekerja karena sering dihalangi oleh masyarakat menggunakan samurai,” tegasnya”

Mayoritas kendala pembebasan lahan, lantaran kepemilikan ganda sertifikat. Lanjut hasan lahan yang belum bebas itu berada di sesi I dan sesi II yakni antara Pemulutan dan Inderalaya. Seperti Km 7, Km 12, Km. 19. “Kami berharap semua lahan bebas bulan depan sehingga pengerjaan dapat sesuai target,” katanya.

Sementara itu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Lahan Tol Palindra Balai Besar Jalan Negara (BBJN) Wilayah III, Adi Rosadi ST MT mengatakan, “saat ini pembebasan lahan sudah rampung 90 persen yang berada di sesi I dan sesi sesi II. Sifat lahan yang belum bebas itu spot-spot,” kata Adi Rosadi.

Menurut Adi, pihaknya mengharapkan pembebasan lahan segera rampung dan selesai bulan ini. Pasalnya, dana untuk pembebasan lahan sudah dititipkan ke pengadilan (konsiyasi)”(RN)