Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Keperawatan UNAND Lakukan Pertukaran Mahasiswa Ke Malaysia

0

Padang, jurnalsumatra.com – Fakultas Keperawatan Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat ( Sumbar) melakukan pertukaran mahasiswa ke Universitas Malaya Malaysia 1 hingga 30 Oktober 2015.
“Mahasiswa yang dikirim sebanyak 56 orang yang terdiri atas 6 orang mahasiswa S1 dan 50 orang S2,” kata Dekan Fakultas Keperawatan Unand Prof. Dachriyanus, di Padang, Senin.
Dia menyebutkan selama empat minggu kesemua mahasiswa tersebut melakukan kuliah dan praktikum serta observasi pelayanan kesehatan.
Dengan rincian katanya dua minggu kuliah dan dua minggu observasi pelayanan di rumah sakit pendidikan universitas tersebut.
“Bila mahasiswa Unand hadir di Malaysia , mahasiswa negara tersebut juga akan menimba ilmu di Unand,” ucapnya.
Kegiatan ini sebutnya bagian dari kerja sama antara Unand dan Universitas Malaya.
Yang mana dalam nota kesepahamannya terdapat klausul pertukaran mahasiswa antar kampus.
Selain kerja sama pengembangan kampus dan mengadakan penelitian bersama, katanya.
“Kegiatan ini juga menjadi bagian dari upaya Unand meningkatkan kualitas lulusan bidang perawat,” kata dia.
Dia berharap dari upaya seperti itu pada 2022 mendatang Unand sudah bisa menghasilkan lulusan perawat berkompetensi internasional, ujarnya.
Sementara itu salah seorang mahasiswa peserta pertukaran pelajar Yudistira menilai kegiatan ini bermanfaat untuk mengetahui kolaborasi tentang pendidikan dan pelayanan kesehatan  antara Unand dan Malaya.
Menurutnya setiap kelemahan yang timbul dapat dilengkapi satu sama lain, sementara kelebihannya menjadi identitas kampus masing-masing.(anjas)