Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Palembang Kembali Raih Adipura

0
Palembang Kembali Raih Adipura

Palembang Kembali Raih Adipura

SIAK, jurnalsumatra.com – Kota Palembang kembali berhasil mempertahankan piala bergengsi di bidang kebersihan lingkungan. Tak tanggung-tanggung, ini merupakan piala adipura kesepuluh bagi kota pempek ini.

Tahun ini, Palembang mendapatkan piala adipura kirana. Dimana, saat ini Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI membagi tiga kategori untuk piala adipura ini. Yakni, adipura paripurna, adipura kirana dan adipura buana.

Piala diserahkan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya dan diterima langsung oleh Wali Kota Palembang, Harnojoyo. Piala diserahkan dalam acara hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Siak, Provinsi Riau, Jumat (22/7). Hadir pula dalam acara tersebut, Mendagri RI, Tjahjo Kumolo, Menristekdikti RI, Nasir, Mendikbud RI, Anies Baswedan dan Menag RI, Lukman Hakim.

Palembang sendiri berhasil mendapatkan piala adipura kirana untuk kategori kota metropolis, yang hanya didapatkan enam kota metropolis se-Indonesia.

“Semoga penghargaan ini memberikan dorongan kepada seluruh daerah untuk lebih baik di masa yang akan datang. Penghargaan ini juga bentuk evaluasi bagi yang belum mendapatkan. Seharusnya nanti bisa mencapai yang lebih baik dalam mengelola lingkungan,” kata Jusuf Kalla, yang menyerahkan 167 penghargaan lingkungan hidup dalam acara ini.

Sementara Wali Kota Palembang, Harnojoyo mengatakan, sangat bersyukur dengan keberhasilan Palembang kembali mendapatkan adipura kirana. Ditengah pembangunan yang sangat pesat di Palembang, ternyata tidak membuat Kota Palembang kehilangan piala bergengsi ini.

“Semoga ini menambah semangat kita untuk menjaga kebersihan lingkungan. Walaupun saat ini Palembang dalam pembangunan, tapi kami tetap mengutamakan kebersihan salah satunya dengan menggalakkan gotong royong setiap minggu pagi. Ini suatu visi misi kami untuk mewujudkan Palembang Emas,” beber dia.

Selain mendapatkan piala adipura kirana, kota Palembang juga berhasil mendapatkan plakat untuk taman kota terbaik. “Ini suatu kebanggaan bagi Palembang, kedepan kita akan terus memperbanyak ruang terbuka hijau. Saat ini yang sedang dibuat salah satunya di Benteng Kuto Besak,” paparnya.

Harno menambahkan, partisipasi masyarakat Palembang dalam menjaga kebersihan lingkungan, sangat penting. Karena itu, dia mengajak seluruh warga Palembang untuk bersama-sama meningkatkan kepeduliannya serta tanggung jawab untuk menjaga lingkungannya.

“Sebetulnya bukan soal piala sebagai tujuan utama kita. Namun, bagaimana kita menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan kota kita. Tentunya, untuk mewujudkan Palembang Emas 2018. Piala ini hanya simbolis, sebagai wujud untuk memotivasi kita untuk bekerja lebih baik lagi,” pungkasnya.(eka)