Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemekaran Wilayah Tingkatan Pemerataan Pembangunan

0
Sambut Asean Games Palembang Gencar Pembangunan

Pemekaran Wilayah Tingkatan Pemerataan Pembagunan

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Jumlah kecamatan di Kota Palembang segera bertambah, pasalnya pemekeran yang diusulkan oleh pemerintah telah mendapatkan rekeomendasi oleh DPRD Palembang, dua Kecamatan yang akan segera dimekarkan yaitu Kecamatan Ilir Timur (IT) II dan Seberang Ulu (SU) I.

“Syarat salah satu pemekaran kecamatan itu harus mendapatkan rekomendasi dari pimpinan dewan. Dan dewan menghendaki bahwa kita harus mengadakan paparan. Tadi alhamdulillah sudah dilaksanakan.

Artinya kita tinggal menunggu rekomendasi dari pimpinan dewan terkait pemekaran ini,” kata Walikota Palembang, H Harnojoyo usai mengelar rapat paripurna di DPRD Palembang, Senin (25/7)

Pemekaran dua Kecamatan ini akan membentuk dua Kecamatan baru. Untuk Kecamatan IT II akan membagi wilayah dengan Kecamatan Kuto Gawang. Sedangkan Kecamatan Jakabaring merupakan pecahan dari Kecamatan SU I.

Diungkapkan Harnojoyo, salah satu tujuan dari pemekaran adalah untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. Dimana untuk Kecamatan SU satu  populasinya sudah mencapai 186.000 penduduk. Demikian juga dengan Kecamatan IT II yang populasinya mencapai 190.000 penduduk.

‘Tentu ini sudah selayaknya dimekarkan. Berdasarkan teritorial, jumlah penduduk, luas wilayah hingga jumlah kelurahan, kedua kecamatan sudah semestinya dimekarkan. Kita harapankan secepatnya. Mudah-mudahan tahun ini bisa terealisasi,”ujar politisi Demokrat ini.

Menurut Harno, baik anggota dewan maupun masyarakat cukup men-support apa yang menjadi kehendak pemerintah kota (Pemkot) Palembang. Terlebih pemekaran tersebut dilakukan salam rangka meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

“Karena dalam paparan yang kami lakukan tidak hanya mengenai syarat kelayakan, namun termasuk juga pasca pemekaran. Manfaat dari pemekaran harus diketahui masyarakat,”jelasnya.

Setelah rekomendasi dewan, ungkap Harno, wacana pemekaran akan diajukan lagi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Wakil Ketua DPRD Palembang Muliadi berharap agar proses pemekaran dapat terealisasi dengan cepat. Supaya terhindar dari kemungkinan adanya revisi Undang-undang (UU) yang dapat menghambat proses pemekaran.

Ketua Fraksi HABB, Candra Darmawan meminta pemerkaran yang dilakukan jangan hanya menelan anggaran yang besar nama berdampak langsung terhadap pemerataan pembagunan, karena selama pemekaran belum maksimal dalam mendorong pemerataan pembagunan.

“Selain pemerataan pembagunan akan meningkatan pelayana publik, sehingga masyarakat dimudahkan untuk melakukan kepengurusan adminitrasi dan sebagainya”kata Candra yang juga Ketua PBB Palembang ini.(eka)