PPIM 2016 Tebalkan Hubungan Harmonis Indonesia-Malaysia

0

    Jakarta, jurnalsumatra.com – Program kerjasama Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia (PPIM) tahun 2016 diharapkan bisa menebalkan hubungan harmonis kedua negara yang bisa disebut satu rumpun tersebut.
“Tujuan PPIM ini dari awal adalah untuk menumbuhkan jiwa empati terhadap sesama, sikap toleran dan adaptif terhadap perbedaan, meningkatkan semangat nasionalisme dalam kehidupan dunia yang semakin mengglobal serta lebih bertanggung-jawab, dewasa dalam berfikir dan bertindak,” kata Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi, Jakarta, Selasa.
Imam yang hari ini menerima seluruh delegasi kedua negara di Graha Pemuda dan Olahraga, Kompleks Kemenpora menyambut baik program PPIM ini dan mengharapkan bisa menjadi pemacu baiknya hubungan kedua negara.
“Sehingga persamaan ini harus dipupuk juga oleh pemuda-pemuda kita. Program ini mungkin terbatas tempat dan waktu tapi persahabatan jangan sampai terbatas, kita harus jadi sejarah,” ujar Imam.

    Hal senada juga diungkapkan oleh Pimpinan Delegasi Malaysia Cik Ahmad Sauki Nur Saad yang mengatakan program saling bertukar pemuda ini akan sangat bermanfaat untuk mengukuhkan pemahaman pemuda dan pentingnya menjaga budaya kedua belah pihak.
“Semoga dengan ini, tujuannya tercapai untuk saling memahami, mendukung karena juga harus disadari kita adalah saudara serumpun,” ujar Cik Ahmad.
PPIM ini sendiri telah berlangsung sejak tahun 1979 berdasarkan Memorandum of Understanding (MoU) antara Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dengan Kementerian Belia dan Sukan Malaysia.
Adapun tema Kerjasama Pertukaran Pemuda Indonesia Tahun 2016 adalah Indonesia Malaysia Cultural Preservation Through Optimization Information and Communication Technology (Pelestarian Budaya Indonesia Malaysia melalui Optimalisasi Pemanfaatan ICT).

    Untuk jumlah delegasi masing-masing negara sebanyak 20 (dua puluh) orang, terdiri dari 20 dari Indonesia dan 20 delegasi dari Malaysia. Adapun delegasi Indonesia terdiri dari 19 delegasi dari 19 Provinsi dan satu ketua delegasi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga yaitu Abri Eko Noerjanto.
PPIM Tahun 2016 ini dilaksanakan dalam dua fase, yaitu fase Indonesia dan fase Malaysia, dengan rincian kegiatan sebagai berikut:
Fase Indonesia dilaksanakan selama delapan hari, akan dilaksanakan di Jakarta dari tanggal 24 sampai 26 Juli 2016 selama tiga hari, kemudian dilanjutkan di Kabupaten Belitung selama lima hari, dari tanggal 26 sampai 31 Juli 2016.
Tempat pelaksanaan PPIM 2016 fase Indonesia di Jakarta akan dilaksanakan di Merlynn Park Hotel, Jl. K.H. Hasyim Ashari No. 29  31, Gajah Mada, Jakarta Pusat, sedangkan tempat pelaksanaan di Kabupaten Belitung di Hotel Grand Hatika dan Hotel Biliton.
Untuk fase Malaysia dilaksanakan selama delapan hari, akan dilaksanakan di Kuala Lumpur dan Malaka dari tanggal 31 Juli sampai 7 Agustus 2016.(anjas)

Share.

About Author