Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pasar Gandus Soak Batu Telan Anggaran 12 Miliar

0
Ratusan Pedagang  Pasar Talang Kelapa TIdak Bisa Jualan

Pasar Gandus Soak Batu Telan Anggaran 12 Miliar

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkrop) Palembang memastikan tahap pembagunan fisik revitalisasi pasar Gandus dan Soak Bato 26 Ilir akan dimulai senin (1/8) mendatang.

“Para pedagang akan direlokasi secepatnya, sehingga proses pembagunan tidak terkendala, pembaguann akan dimulai awal Agustus mendatang,”kata Kepala Disperindagkrop, Dewi Isnaini,, Rabu (27/7).

Pedagang yang ada akan direlokasi ditempat sementara, sehingga aktifias jual pedagang tidak terganggu, tempat sementara tentu tidak berjauhan dengan pasar yang lama, tahap pembagunan akan memakan waktu hingga desember mendatang.

“kita berharap desember sudah selesai, sehingga aktifitas jual beli di dua pasar tersebut dapat kembali berlangsung,karena pasar tradisional adalah perekonomian masyarakat menengah kebawah,”kata Isnaini.

Revitalisasi dua pasar ini, Dikatakan Isnaini adalah program pemerintah untuk menciptkan pasar yang moderen bersih, aman dan nyaman, sehingga pasar moderen tradisional dapat bersaing dengan mall dan lainnya.

“ini sebagai upaya dari pemerintah mencipatkan pasar yang diimpikan oleh masyarakat, dengan fasilitas yang ada maka pasar ini akan menjadi pasar yang diimpikan masyarakat selama ini,”ujar Isnaini.

Menurut Isnaini, pembagunan pasar Gandus satu lantai menelan anggaran mencapai Rp 2 miliar, sedangkan pembagunan pasar Soak batu akan menelan anggaran mencapairp 10 miliar, pasar ini akan dibangun dua lantai,dua pasar ini menelan anggaran mencapai Rp 12 miliar dana dari APBN.

“Paling tidak setiap Kecamatan atau pun Kelurahan memiliki satu pasar tradisional moderen, itu sudah kami programkan kedepan, baik itu bantuan dari APBN maupun APBD,”jelasnya.

Revitalisasi tidak menjadi persoalan dikemudian hari karena berbagai persoalan yang muncul contohnya di pasar 10 Ulu karena hingga saat ini masih banyak pedagang yang berjualan di luar gedung ketimbang di dalam pasar, dengan pendatan dan ded yang jelas semua pedagang dapat ditampung didalam pasar untuk berjualan. (eka)