Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pembagunan Tugu Belido Masih Angan Angan

0

iwak belidoPALEMBANG, jurnalsumatra.com – Rencana pembagunan tugu belido di pelataran benteng Kuto Besak (BKB) yang direncanakan awal tahun hingga saat ini belum juga direalisaikan, oleh karena itu Pemerintah kota Palembang berharap PT Bukit Asam (PTBA) untuk segera melakukan groundbeaking sehingga pembangunan dapat direaliasikan.

Staf Ahli Bidang Perekonomian, Pembangunan, dan Investasi Setda Palembang, Sudirman Tegoeh mengatakan, saat ini masih masa tender.Sementara Detail Engineering Desain (DED) ikon Kota Palembang ini sudah hampir rampung, diperkirakan pada bulan depan proyek tersebut sudah jalan.

 “PTBA sudah MoU dengan Gubernur beberapa waktu lalu untuk pembangunan tugu itu. Karena itu, kami berharap proyek ini tidak tersendat. Harus tepat waktu, Agustus minggu kedua mestinya sudah mulai groundbreaking,”jelasnya, Kamis (28/7).

Dijelaskannya, tugu setinggi sembilan meter berbentuk ikan belido akan dibangun di kawasanBKB menggunakan dana tanggung jawab social perusahaan atau CSR. Tugu ini akan lebih tinggi dari Merlion Park Singapura dan akan ditempatkan di bagian depan pelataran BKB. Ia menerangkan, ikon Belido rencananya akan memberi kesan yang sama seperti halnya Merlion Park Singapura.

“Kenapa belido karena ini jenis ikan sungai yang hanya ada di Sungai Musi, diketahui sudah hampir punah. Kita ingin generasi selanjutnya bisa mengetahui itu dengan simbolnya dalam sebuah tugu,”urainya.

Sudirman memastikan, masa pembangunan akan berjalan dalam 8-9 bulan. Rencana pembangunan cukup kondusif dengan disterilkannya kawasan BKB dari kendaraan dan parkir. BKB kita pilih sebagai lokasi karena memang difokuskan sebagai salah satu kawasan icon wisata Kota Palembang. (eka)