Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Keamanan Pasokan Listrik Berikan Keuntungan Berbagai Sektor

0

    Bandung, jurnalsumatra.com – Direktur  Pusat Studi Energi (PSE) Universitas Gajah Mada (UGM) Dendarlianto menyatakan keamanan pasokan lisrik memberikan keuntungan kepada berbagai sektor dan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan ekonomi.
“Adanya keamanan pasokan listrik akan memberi benefit di berbagai sektor,” kata Deendarlianto pada  menyelenggarakan focus group discussion (FGD) Energi di Kota Bandung, Jumat.
Forum Grup Diskusi itu  bertajuk peran keamanan pasokan listrik dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah. Diskusi energi itu juga dihadiri oleh Ketua Kadin Jabar Agung Suryaman Sutrisno, Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Tumiran, GM PLN Jabar Banten Iwan Purwanto dan sejumlah pemerhati dan pengusaha di Jabar.

      Pada forum itu dibahas  peran pasokan listrik dalam mendukung pertumbuhan ekonomi daerah berdasarkan hasil kajian yang telah dilakukan PSE UGM. Kajian itu tentang infrastruktur ketenagalistrikan dalam mendukung ketahanan energi nasinal dengan dicanangkannya program pembangunan pembangkit listrik 35 ribu MW.
Menurut Deedarlianto ketersediaan sumber daya energi atau listrik secara khusus akan mempengaruhi pembangunan dan pertumbuhan ekonomi. Adapun pertumbuhan ekonomi kata dia, sangat bergantung pada ketersediaan listrik.
Sementara pertumbuhan ekonomi yang dihasilkan itu dinilai akan mendorong peningkatan pendapatan perkapita daerah. Sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat dengan terealisasinya infrastruktur di daerah terpencil, peningkatan fasilitas layanan masyarakat dan terbukanya lapangan pekejaan.
“Efek multiplier dapat meningkatkan kesejahateraan masyarakat dan kemajuan daerah,ż katanya menambahkan.(anjas)