Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Pengawasan Pintu Masuk Narkoba Ke Batam Diperketat

0

Batam, jurnalsumatra.com – Direktur Reserse Narkoba Polda Kepri Kombes Pol Jamaludin memperketat pengawasan pada sejumlah pelabuhan yang selama ini disinyalir menjadi pintu masuk narkoba asal Malaysia ke Batam.
“Pengawasan kami perketat dengan menampatkan banyak petugas. Hasilnya dalam dua bulan ini nihil penyelundupan dari Malaysia,” kata Jamaludin di Batam, Jumat.
Ia mengatakan upaya pencegahan masuknya narkoba asal Malaysia ke Batam dan wilayah lain di Kepri menjadi prioritas agar penyelundupan bisa ditekan.
“Pencegahan masuknya sabu asal Malaysia menjadi proritas, karena jika sabu lolos dan beredar upaya untuk menangkap lebih memakan waktu dan keuangan negara,” kata dia.
Polda Kepri, kata dia, tidak akan berhenti melakukan pencegahan dan penindakan masuknya narkoba khususnya sabu asal Malaysia yang memanfaatkan wilayah Provinsi Kepri.
“Kami juga berharap kerja sama BNN dan negara-negara tertangga bisa berjalan baik. Sehingga semua pihak bersama-sama memerangi peredaran narkoba yang sudah sangat merugikan tersebut,” kata Jamaludin.
Saat berada di Batam, Kepala BNN Komjen Pol Budi Waseso mengingatkan potensi ancaman peredaran narkoba melalui jalur laut pada wilayah perbatasan seperti antara Batam dengan Singapura dan Malaysia.
“Mayoritas penduduk adalah nelayan yang memiliki kegiatan rutin yang rentan dimanfaatkan jaringan narkoba,” kata Budi Waseso saat meninjau perairan perbatasan Indonesia dengan Singapura.
Hal tersebut telah menjadi perhatian khusus BNN.
Sebagai langkah antisipasi, Kepala BNN melakukan pemantauan langsung di Selat Singapura dan mendekati selat Malaka yang termasuk kawasan rentan disusupi para sindikat narkotika internasional.
“Daerah perbatasan rawan dijadikan lajur penyelundupan dengan memanfaatkan mata pencaharian penduduk,” kata dia.
Ia berharap seluruh lapisan masyarakat memahami dan berperan aktif dalam melakukan upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika.(anjas)