Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Misteri Sekda Palembang

0
Tower Tidak Berizin Dibongkar

Misteri Sekda Palembang

PALEMBANG, jurnalsumatra.com – Sejak dibuka beberapa waktu lalu lelang jabatan terbatas hanya tiga kandidat yang resmi mendaftarkan diri untuk ikut bertarung memperebutkan kursi Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang.

Berdasarkan daftar yang dimiliki panitia seleksi (Pansel) tiga nama tersebut Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (BPM-PTSP) Palembang Ratu Dewa, kemudian staf ahli bidang investasi, ekonomi dan pembangunan, Sudirman Tegoeh dan Ana Heryana Staf ahli bidang Sosmas, namun diprediksi hari H penutupan kandidat akan bermunculan karena para kandidat masih mempersiapkan berkas syarat yang ditetapkan.

Siapa yang akan menduduki kursi Sekda tentu tergantung rekomendasi yang ditetapkan serta kedekatan politik dengan Walikota Palembang H Harnojoyo, karena keputusan sepenuhnya ada pada Walikota, karena timsel hanya menyerahkan tiga nama setelah dilakukan fit and proper test yang dilakukan nanti. Hingga saat ini masih menjadi misteri siapa yang layak dan berkompeten untuk menjadi Sekda.

Beberapa waktu lalu Harnojoyo menginginkan Sekda kedepan memetingkan pengalaman dan dari segi golongan dan pangkat memenuhi syarat, dengan syarat tersebut Sekda dapat diajak bekerjasama sehingga dapat menwujudkan visi misi Palembang EMAS 2018.

“tidak ada intervensi karena semuanya tergantung dari Timsel, dari usulan tiga nama oleh timsel akan ditetapkan satu nama, tentu rekomendasi timsel adalah yang terbaik, kita lihat saja nanti,”kata Harnojoyo.

Ratu Dewa belum lama ini mengklaim siap bersaing dengan siapapun karena kursi Sekda banyak dimintai oleh para pejabat, kursi Sekda sangat strategis karena Sekda adalah jabatan tertinggi, untuk itu ia telah melakukan persiapan mulai dari makalah hingga berkas yang disyaratkan.

“saya siap bersaing, tentu akan ada program untuk masyarakat dan pemerintahan, yang terpenting dapat mewujudkan visi misi pak Walikota Palembang,”kata Dewa.

Begitu juga dengan Harobin Mustofa mengaku siap bersaing jika mendapatkan restu dari Walikota Palembang, namun ia melihat cukup banyak pejabat yang layak untuk menjadi Sekda, namun jika diberi kepercayaan ia siap mengemban amanah tersebut.

Ketua Fraksi Demokrat DPRD, Anton Nurdin tentu orang yang layak menjadi Sekda adalah pejabat yang berpengalaman, karena dengan penggalaaman yang ada dapat menuntaskannya segala persolan yang ada, baik itu ditengah masyarakat maupun di pemerintahan itu sendiri.

“Tidak hanya itu saja Sekda ini kan adalah jabatan tertinggi di pemerintah tentu sudah harus memenuhi kepangkatan sebagaimana yang ditetapkan, karena itu juga menjadi acuan,”kata dia.

Sekda nantinya dapat menjadi pengyom bagi PNS maupu pejabat SKPD yang ada di pemerintahan serta harus menjadi perimbangan memiliki kemampuan, dengan kemampuan dimiliki akan membuat PNS semakin kuat dan solid, serta dapat bersinergi dengan DPRD Palembang sebagai perpanjangan tangan dari rakyat palembang.

Ketua Fraksi Nasdem DPRD Palembang, M Danu Mirwando mendukung penuh siapapun yang nantinya akan ditetapkan menjadi Sekda Palembang, karena jabatan sekda sudah sangat mendesak hal ini tidak lain untuk membackup program Walikota Palembang dalam pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

“Sekda harus memiliki wawasan luas disegala bidang, wawasan itu bearti pintar dengan wawasan ini akan menjadi pemikir dalam memberikan program-program terobosan untuk kepentingan masyarakat,”tukasnya.(eka)