Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Atlet Pelatnas Tumpuan Rebut Medali Emas Pon

0

Kendari, jurnalsumatra.com – Atlet dayung Sulawesi Tenggara yang  menjalani pemusatan latihan nasional (Pelatnas) menjadi tumpuan merebut medali emas Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, 17-29 September 2016.
Ketua Umum KONI Sultra Lukman Abunawas di Kendari, Selasa mengatakan kemampuan para atlet yang digembleng di pelatnas memiliki keunggulan sehingga wajar saja kalau diprioritaskan menjadi tim inti PON.
“Saya kira sama-sama meyakini kemampuan para atlet pelatnas yang sudah teruji dan diharapkan menjadi contoh bagi atlet lainnya,” kata Lukman.
Sultra memasok enam pedayung di pelatnas yakni Laode Ali Darta, Sofian, Ali Buto, Waode Fitri Rahmanjani Manggasa, Julianti dan Marjuki.
Bukan hanya enam atlet yang dimohonkan izin kepada manajemen pelatnas untuk memperkuat Sultra pada ajang PON tetapi dua pelatih nasional Jamaluddin dan Hadris.
Keberadaan enam pedayung Sultra di pelatnas menguntungkan daerah karena mereka ditempa secara maksimal oleh pelatih nasional, bahkan melibatkan pelatih asing.
Selain itu, atlet pelatnas digodok dengan program latihan ekstra sehingga kematangan fisik, teknik dan mental tanding tidak diragukan menghadapi kompetisi PON.
Pedayung pelatnas Sultra Marjuki mengharapkan KONI dan Persatuan Olahrara Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) bersatu mempersiapkan atlet menghadapi PON XIX Jawa Barat.
“Mari kita belajar dari pengalaman masa lalu bahwa sukses diraih jika memiliki tekad yang sama. Jangan ada konflik karena merugikan kita semua,” kata Marjuki, pedayung canoing Indonesia.Oleh karena
itu, ia mengharapkan KONI dan PODSI sepakat melanjutkan pelatihan terpusat atlet dayung di Cipule, Jawa Barat untuk memaksimalkan persiapan menuju PON.
“Kita sama-sama berjuang, berlatih dan berdoa meraih prestasi terbaik di PON demi nama baik daerah dan kepercayaan  masyarakat terhadap cabang olahraga dayung,” kata Marjuki.
Sekretaris PODSI Sultra Dharma Tayeb mengatakan cabang olahraga dayung bertekad merebut enam medali emas dari nomor rowing, kayak, cano dan perahu naga
“Walaupun waktu tersisa satu bulan terhitung singkat untuk mempersiapkan atlet menghadapi kegiatan setingkat PON, namun tetap optimis meraih yang terbaik,” katanya.
Ia mengakui persaingan merebut medali emas PON sangat ketat karena sejumlah daerah diperkuat stok atlet nasional yang sedang mengikuti pelatnas sama dengan Sultra.(anjas)