Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Lomba Desain Batik Tonjolkan Khas Budaya Daerah

0

Penukal Abab, Sumsel, jurnalsumatra.com – Tim Pembinaan Kesejahteraan Keluarga Pemerintah Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir Sumatera Selatan mengadakan lomba mendesain motif batik yang menonjolkan ciri khas budaya daerah setempat.
Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sri Kustina, Selasa, menjelaskan bahwa digelarnya lomba desain motif batik khas tersebut adalah menciptakan ciri khas daerah yang diharapkan menjadi ikon untuk memperkenalkan dan mempromosikan Kabupaten PALI.
“Dalam lomba desain motif batik yang akan ditonjolkan adalah ciri khas batik Kabupaten PALI . Seni membatik adalah milik budaya Indonesia asli, namun setiap daerah tentu haruslah memiliki motif atau corak batik unik sebagai ciri khas,” kata Sri Kustina.
Ia menjelaskan, untuk pelaksanaan lomba desain motif batik tersebut akan digelar dalam bulan Agustus 2016 ini, dan sekarang dimulai pendaftaran peserta.
“Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi dapat menghubungi sekretariat TP-PKK di tiap kecamatan, dengan bentuk desain dibuat di atas kain juga disimpan dalam bentuk soft copy atau file.
Menurut dia, untuk materi desain motif batik ditunggu paling lambat 8 Agustus nanti dengan syarat, warga PALI, hasil karya sendiri dan belum pernah dipublikasikan.
Lomba desain batik ini, kata dia, memperebutkan hadiah berupa piala, sertifikat serta uang pembinaan.
Ia menambahkan, lomba desain tersebut tujuannya untuk mencintai batik dan membentuk ciri khas daerah dan ikon Kabupaten PALI.(anjas)