Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Malaysia Jadi Tujuan Utama TKI Asal Sukabumi

0

Sukabumi, jurnalsumatra.com – Data Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyebutkan Malaysia menjadi negara tujuan utama bagi para TKI dari daerah untuk mencari nafkah.
“Hingga Juni 2016 sudah ada 339 TKI yang diberangkatkan sesuai negara tujuannya, namun mayoritas TKI yang diberangkatkan ke Malaysia,” kata Kepala Seksi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri Disnakertrans Kabupaten Sukabumi, Dindin Suwandi di Sukabumi, Selasa.
Adapun jumlah TKI yang diberangkatkan pada tahun ini 120 orang dengan tujuan Malaysia, 23 orang ke Hongkong, 51 orang ke Brunei, 57 orang ke Singapura dan 79 orang ke Taiwan serta sembilan orang lainnya menuju Uni Emirat Arab.
Menurutnya, alasan banyaknya TKI yang ingin berangkat ke Negeri Jiran tersebut karena bahasanya tidak begitu susah dipahami, sehingga proses pelatihan keterampilan tidak begitu memerlukan waktu lama.
Selain itu, negara ini juga masih diperbolehkan untuk pengiriman TKI melalui jalur informal sehingga menjadi salah satu pilihan calon TKI dari Kabupaten Sukabumi khususnya mereka yang tidak mempunyai kemampuan lebih.
Awalnya, negara tujuan TKI untuk bekerja adalah Arab Saudi, namun karena pemerintah pusat memoratorium pengiriman TKI ke negara tersebut untuk jalur informal, sehingga negara terdekat menjadi negara tujuan.
“Pengawasan tetap kami lakukan, untuk antisipasi terjadinya permasalahan yang menimpa para TKI kita tersebut,” tambahnya.
Didin mengatakan setiap calon TKI yang ingin berangkat keluar negeri wajib melapor kepada pihaknya, selain itu harus melengkapi administrasi sesuai dengan peraturan.
Namun, diakuinya masih banyak TKI asal Kabupaten Sukabumi yang memilih jalur ilegal hanya untuk bekerja di negara tujuannya, padahal jika terjadi sesutu, pihaknya kesulitan dalam melakukan pendataan.(anjas)