Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Ketua HNSI Ingatkan Nelayan Buat Kartu Nelayan

0

     Sungailiat, Babel, jurnalsumatra.com – Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan mengingatkan seluruh nelayan di daerahnya untuk segera membuat kartu nelayan.
“Saya ingatkan seluruh nelayan dari semua alat tangkap agar segera membuat kartu nelayan sebagai bukti identitas sah yang diterbitkan dari lembaga berwenang,” katanya di Sungailiat, Kamis.
Ia mengatakan, kartu nelayan diperlukan sebagai  dokumen administrasi pembuktian sah yang menjelaskan mengenai pekerjaan dan alamat lengkap nelayan itu.
“Bagi nelayan yang sudah memegang kartu nelayan, tentunya akan mempermudah yang bersangkutan mendapatkan saluran bantuan dari pemerintah serta program layanan lainnya,” ujarnya.

     Menurutnya, dari data jumlah nelayan sebanyak 10.000 orang yang tersebar di beberapa sentra produksi dan berbagai alat tangkap, baru sekitar 4.000 nelayan yang sudah memegang kartu nelayan.
“Masih rendahnya jumlah  nelayan tradisional yang memegang kartu nelayan disebabkan kurang memahaminya manfaat kartu itu serta kurangnya informasi yang didapatnya,” katanya.
Dia juga minta seluruh pengurus HNSI tingkat kecamatan, untuk lebih aktif membantu nelayan setempat termasuk melakukan pembinaan nelayan.
“Sebagai organisasi nelayan, HNSI mempunyai peran tanggung jawab moril membantu nelayan baik persoalan penangkapan maupun masalah administrasi,” ujarnya.(anjas)