PT Sampoerna Agro ‎Serius Tangani Karhutla

0

d9281247-1b8c-4cdf-9516-d96286a1bec3KAYUAGUNG, SUMSEL. Jurnalsumatra.com –  Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Selatan (Sumsel), Irjen Pol Drs. Djoko Prastowo, SH. MH mengapresiasi apa yang sudah dilakukan PT. Sampoerna Agro yang ikut serta dalam pencegahan dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

“ Kita sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh PT Sampoerna Agro dalam hal pencegehan kebakaran sejak dini dengan membentuk tim KTPA,”ujar Kapolda saat memimpin langsung apel siaga Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) bentukan PT. Sampoerna Agro, Kecamatan Pedamaran Timur, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Kamis (4/8/2016).

Menurutnya, karhutla disebabkan oleh dua faktor, yakni faktor alam dan faktor manusia. Dan 90 persen karhutla disebabkan oleh factor manusia yang membuka lahan dengan cara membakar, membuang punting rokok sembarangan dan lainnya. “Pencegahan dini lebih penting dari pada penanggulangan, jika sudah menanggulangi akan memakan biaya yang tidak sedikit,” katanya.

Kata Kapolda, jika terjadi kebakaran lahan, pihaknya selain akan membantu melakukan pemadaman, juga akan langsung melakukan tindakan hukum kepada pelakunya. “Jika masih terjadi kebakaran lahan, maka kami akan memberikan tindakan hukum dengan tegas terhadap pelakunya, baik itu pelaku individu maupun korporasi. Pencegahan karhutla ini sudah menjadi atensi Presiden karena dampak karhutla sangat kompleks,” tegasnya.

Sementara itu, Managing Direktur PT. Sampoerna Agro, Parluhutan Sitohang menambahkan, Perusahaannya dari dulu hingga sekarang serius mencegah karhutla, terutama di wilayah sekitar perusahaan.

“Karhutla telah menjadi ancaman bagi masyarakat. Oleh sebab itu, selain kita memiliki regu damkar, juga melibatkan Kelompok Tani Penduli Api yang sudah kita latih dalam menanggulangi kebakaran lahan,” jelasnya.

Lebih lanjut dijelalskan, pembentukan KTPA ini melibatkan masyarakat lokal yang dibentuk dalam 21 Kelompok Tani Peduli Api (KTPA),  berasal dari 21 Desa tersebar di tujuh Kecamatan.

“Masing-masing dari Kecamtan Mesuji, Mesuji Raya, Pedamaran Timur, Lempuing Jaya, Pedamaraan, Sungai Menang dan Cengal. Kami sadar bahwa peran perusahaan sangat penting, selain peran Pemerintah, TNI, Polri dan Masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati OKI, Iskandar SE menyambut baik inisiatif PT. Sampoerna Agro yang sudah berperan aktif dalam pencegahan karhutla di OKI. “Kita ketahui bersama, bahwa tahun lalu OKI berada diperingkat pertama untuk Karhutla. Bahkan Presiden dua kali datang ke OKI, ini menjadi perhatian serius untuk kita semua. Tentunya harus diikuti oleh perusahaan lainnya agar tahun ini OKI benar-benar bebas asap,” singkatnya. (RICO)

Share.

About Author