Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bupati Barito Selatan Lantik Anggota PAW BPD

0

     Buntok, Kalteng, jurnalsumatra.com – Bupati Barito Selatan, Kalimantan Tengah HM Farid Yusran melantik empat orang pengganti antar waktu anggota Badan Permusyawatan Desa di daerah itu.
Empat orang yang dilantik itu yakni Kakai anggota BPD Desa Danau Masura, Hawine Norliati Kecamatan Dusun Selatan, Ardowono BPD Danau Bambure Kecamatan Dusun Utara dan Sarkani BPD Bintang Kurung Kecamatan Karau Kuala.
“Tugas BPD ini merupakan tugas mulia dan salah satu fungsinya untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes),” katanya usai acara pelantikan di balai desa Danau Masura, Jumat.
Selain itu  lanjut Farid Yusran, BPD merupakan suatu lembaga perwakilan masyarakat desa dan merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa.

     “Mereka bertugas mengemban amanah untuk menampung aspirasi serta menyampaikan aspirasi masyarakat desa dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat desa,” jelasnya.
Adapun dasar bagi BPD dalam melaksanakan tugasnya sudah tertuang dalam Undang-Undang Nomor 06 tahun 2014 tentang desa dan dalam UU tersebut kata dia telah diatur hak dan kewajiban BPD maupun Kepala Desa.
“Seperti salah satu hak BPD yang tertuang dalam UU tersebut menyebutkan bahwa BPD berhak meminta kepala desa menyampaikan pertanggungjawaban penggunaan anggaran dalam setiap tahunnya,”ucap Farid Yusran.
Sedangkan dalam pasal 55 juga disebutkan juga bahwa BPD juga berperan dalam membahas dan menyepakati peraturan desa (Perdes) dan apabila perdes dibuat oleh Kepala Desa tanpa persetujuan BPD, maka perdes itu tidak sah.(anjas)