Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Masyarakat Perbatasan NTT Antusias Ikut Pengobatan Gratis

0

     Wini, NTT, jurnalsumatra.com – Masyarakat di Desa Wini, Kabupaten Timur Tengah Utara, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang merupakan daerah  perbatasan denga negara Timor Leste, antusias mengikuti kegiatan pengobatan gratis yang dilakukan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal) VII Kupang.
“Dari semalam saya sudah menunggu di lokasi pengobatan gratis untuk operasi Hernia, setelah saya mendengar informasi soal pengobatan gratis dan operasi gratis,” kata Petrus Madu seorang pasien yang mengaku sudah selesai operasi hernia di Wini, Sabtu.
Petrus mengaku, penyakit hernia yang telah diderita dirinya sudah bertahun-tahun namun ia mengaku tidak bisa operasi di Rumah Sakit Umum karena dirinya tidak mempunyai dana untuk operasi.
Ia mengaku untuk operasi di Rumah Sakit Umum, pihak RS meminta dana operasi sebesar Rp7-Rp8 juta untuk sekali operasi, belum termasuk biaya nginap dan makan.
“Apalagi saya tidak mempunyai kartu Jamkesnas sehingga agak sulit untuk, berobat di RS baik di Kefamenanu atau di Kupang,” tuturnya.

    Ia bahkan mengaku pernah berobat ke, RS Umum di Kupang namun ditolak karena tidak memiliki kartu Jamkesnas, namun kehadiran TNI AL justru memberikan harapan baru bagi dirinya dan tiga temannya yang sudah selesai dioperasi pada Jumat malam.
Hal yang sama juga diakui oleh Veronika, seorang ibu rumah tangga dari desa tersebut yang telah datang ke lokasi pengobatan sejak pukul 08.00 wita.
“Kegiatan pengobatan secara gratis ini bisa dibilang, tidak pernah terjadi di daerah ini sehingga kehadiran TNI AL justru membuat saya dan beberapa tetangga saya datang ke tempat ini,” katanya ditemani anaknya yang sedang sakit.
Vero sendiri merasa bahwa pengobatan gratis yang dilakukan oleh TNI AL membuat dirinya tidak perlu lagi keluar dari Wini untuk berobat ke Kabupaten atau ke Kota Kupang.
Ia mengharapkan agar pengobatan gratis ini tidak hanya dilakukan sekali saja di wilayah perbatasan itu, tetapi juga berkelanjutan.
Pantauan Antara, pengobatan gratis yang dilakukan seputar, operasi hernia, pengobatan mata, serta penyakit-penyakit umum lainnya.(anjas)