Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Puluhan Warga Di Pesisir Bantul Terdampak Penertiban

0

Bantul,jurnalsumatra.com – Puluhan warga yang mendirikan bangunan dan lapak di kawasan gumuk pasir Pantai Parangkusumo Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan terkena dampak penertiban yang direncanakan pemerintah setempat.
“Dari sebanyak 64 bangunan yang akan ditertibkan di kawasan gumuk pasir saya tidak hafal berapa orangnya (pemilik), namun kami perkirakan mencapai puluhan orang,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bantul, Hermawan Setiadji, Sabtu.
Menurut dia, Pemkab Bantul memang berencana menertibkan bangunan dan lapak yang jadi tempat usaha di kawasan gumuk pasir Parangkusumo, menyusul telah diterimanya surat dari Keraton Ngayogyakarto selaku pemilik tanah untuk pengembalian fungsi semula gumuk pasir itu.
Ia mengatakan berdasarkan hasil pendataan sementara, dari puluhan warga yang mengelola bangunan tidak berizin di pantai selatan itu, tiga orang di antaranya merupakan warga Bantul, sementara lainnya dari luar kabupaten ini.
Namun demikian, ketika ditanya penanganan warga yang terdampak penertiban nantinya apakah akan dipulangkan ke daerah asalnya, Hermawan mengatakan belum dapat memastikan karena masih perlu melakukan komunikasi dengan instansi terkait.
“Orang Dinsos (Dinas Sosial) Bantul sudah berkomunikasi dengan Pemda DIY, entah nanti dipulangkan atau bagaimana, kita kurang tahu persis. Namun kalau memang minta dipulangkan ya kita bantu memulangkan,” katanya.
Sedangkan untuk warga Bantul, kata dia, pemerintah daerah terlebih dulu akan menawarkan kepada mereka, apakah ingin kembali menjalankan usaha namun yang jelas dari pemda tidak ada ganti rugi kepada warga yang ditertibkan.
“Akan kita tanya, kalau masih ingin berjualan boleh saja, tetapi harus di tempat relokasi, relokasi itu kan banyak alternatifnya dan relokasi nanti sasaran berikutnya,” katanya.
Sementara itu, Hermawan mengatakan untuk mempersiapkan rencana penertiban bangunan kawasan Gumuk Pasir, Satpol PP juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait termasuk Polres Bantul, agar nantinya ketika eksekusi dilaksanakan tidak mengalami hambatan.
Terkait dengan waktu penertiban, pihaknya belum dapat memastikan tetapi targetnya tahun ini harus sudah ditertibkan terutama bangunan yang di gumuk pasir.(anjas)