Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


SMKN 3 Jember Buat Diorama Perjuangan

0

Jember, jurnalsumatra.com – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kabupaten Jember, Jawa Timur, membuat diorama (benda atau patung miniatur tiga dimensi untuk menggambarkan suatu pemandangan atau adegan) perjuangan untuk menyambut HUT ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.
Kepala SMKN 3 Jember Suprihartono, Sabtu, mengatakan pembuatan diorama tersebut bertujuan untuk lebih mendekatkan siswa tentang sejarah dan nilai-nilai perjuangan para pejuang yang telah merebut kemerdekaan dari tangan penjajah.
“Hampir setiap tahun HUT Kemerdekaan RI selalu diperingati secara seremonial oleh para pelajar, namun mereka kurang memahami tentang makna perjuangan para pahlawan yang gugur di medan perang dalam merebut kemerdekaan,” tuturnya di Jember.
Dengan pembuatan diorama perjuangan di sekolah, lanjut dia, para pelajar bisa melihat bagaimana perjuangan yang dilakukan para pejuang dan diharapkan mereka bisa menghargai nilai-nilai perjuangan, sehingga mereka bisa sungguh-sungguh belajar di sekolah.
“Latar belakang ditampilkan diorama di sekolah untuk memberikan edukasi kepada generasi muda seperti apa gambaran perjuangan pahlawan yang merebut kemerdekaan, sehingga pelajar diharapkan dapat menghayati perjuangan itu dengan melakukan kegiatan positif yang berguna bagi bangsa dan negara,” katanya.
Sementara salah seorang pelajar Siti Nurhasana mengatakan pembuatan diorama tersebut sangat bagus karena pelajar bisa mengetahui secara detail bagaimana perjuangan para pahlawan tersebut untuk merebut kemerdekaan.
“Kami sangat mendukung, apalagi kegiatan pembuatan diorama itu dapat menginspirasi pelajar untuk menghargai dan menghayati nilai-nilai kemerdekaan, sehingga memotivasi kami untuk tetap semangat belajar karena para pahlawan rela gugur di medan perang untuk mendapatkan kemerdekaan,” tuturnya.
Pantauan di lapangan, beberapa patung pejuang dipajang di depan gerbang gedung sekolah dan pernak-pernik kemerdekaan, serta bendera merah putih juga melengkapi diorama tersebut menjadi semakin menarik, sehingga tidak jarang siswa juga mengabadikan diorama itu dengan berfoto “selfie”.
Bahkan, pintu masuk SMKN 3 Jember juga diubah seolah-olah menjadi Hotel Yamato Surabaya yang merupakan lokasi perobekan bendera Belanda (merah-putih-biru) menjadi bendera Indonesia yakni merah-putih oleh para pejuang kemerdekaan.(anjas)