Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Lifter China Pecahkan Rekor Dunia

0

    Rio de Janeiro, jurnalsumatra.com – Lifter China Long Qingquan memecahkan rekor dunia untuk kelas 56 kilogram, dalam perjalanannya untuk menaklukkan juara bertahan Olimpiade Om Yul Chol asal Korea Utara (Korut) di Olimpiade Rio pada Minggu.
Sebanyak lebih dari 4.000 penonton di Riocentro bersorak ketika Om melakukan angkatan terakhirnya di clean and jerk dengan angkatan 169 kilogram untuk meraih keunggulan.
Namun mereka bersorak lebih kencang ketika Long, juara Olimpiade 2008, mengangkat 170 kilogram dengan angkatan terakhirnya di malam itu untuk meraih medali emas.
Ia menjadi lifter pertama yang memenangi gelar Olimpiade dengan selisih selama delapan tahun.
Long bergabung dengan Om sebagai salah satu dari tujuh orang yang telah mengangkat tiga kali lipat dari berat badannya. Total angkatannya yakni 307 kilogam memecahkan rekor dunia Halil Mutlus dengan 305 kilogram yang diukir pada Sydney 2000, dan memberikan kekalahan perdana bagi Om sejak lifter Korut tersebut memenanginya di London pada 2012.

    Sejak mencatatkan kemenangan di London, Om telah mengikuti tujuh kompetisi utama, termasuk tiga Kejuaraan Dunia, dan memenangi semuanya. Long (25), yang setahun lebih tua daripada Om, finis di belakangnya sebanyak empat kali.
Long mengatakan pencapaian mereka membuat mereka merupakan orang terkuat di dunia.
“Di antara umat manusia, ya, kamilah yang terkuat,” tambahnya. “Namun tidak dalam dunia binatang — ingatlah betapa kuatnya semut!”
Om, yang tetap mampu tersenyum meski kalah berkata, “Orang terkuat adalah yang berada di sebelah saya. Saya memberi selamat kepadanya.”
Kim Tuan Thach asal Vietnam telah berada di belakang Om di podium sebanyak lima kali, dan diperkirakan akan meraih medali perunggu, namun ia gagal dalam ketiga upaya clean and jerknya.
Hal itu membuat lifter 20 tahun asal Thailand Kruaithong Sinphet, menghuni peringkat ketiga dengan terpaut 18 kilogram di belakang Long.(anjas)