Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pariaman Siapkan Ribuan Pelajar Sambut Pebalap TDS

0

     Pariaman, Sumbar, jurnalsumatra.com – Ribuan pelajar dari seluruh tingkat satuan pendidikan di Kota Pariaman, Sumatera Barat (Sumbar), disiapkan untuk menyambut pebalap Tour de Singkarak (TdS) etape IV dan V yang akan melintasi daerah itu.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) setempat, Kanderi, di Pariaman, Senin, mengatakan pelajar tersebut ditujukan untuk memeriahkan even berskala internasional.
“Kota Pariaman merupakan salah satu daerah tujuan pariwisata di Sumbar, dengan adanya kegiatan balap sepeda antar-negara momentum tersebut diharapkan dapat memacu potensi daerah,” kata dia.
Ribuan pelajar tersebut akan disiapkan sepanjang jalur yang dilalui para pebalap. Selain itu para anak didik juga diberikan bendera negara peserta untuk memeriahkan kegiatan tahunan tersebut.
Kanderi mengatakan para anak didik tidak hanya sekedar memeriahkan kegiatan, namun memiliki tujuan tertentu. Di antaranya memberikan pemahaman kepada anak didik pentingnya semangat olahraga dan cinta pariwisata.

     “Berdasarkan koordinasi dengan pihak panitia, partisipasi kemeriahan merupakan salah satu indikator yang dinilai pada kegiatan berskala internasional tersebut,” jelasnya.
Ia menambahkan nantinya para anak didik juga menampilkan berbagai kesenian daerah untuk menyemarakkan kegiatan.
Kanderi menegaskan dinas yang dipimpinnya telah menyampaikan instruksi kepada setiap kepala sekolah dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat untuk mewajibkan seluruh siswa mengikutinya.
“lebih kurang dua jam peserta didik berada di sepanjang jalan untuk memerihkan kegiatan tersebut,” ujarnya.
Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 5 Admiral, mengatakan kurang lebih terdapat 600 pelajar disiapkan untuk memeriahkan kegiatan balap sepeda antar negara tersebut.
Seluruh siswa tersebut akan menunggu para pebalap yang melewati jalur Desa Padusunan hingga Desa Padang Kajai lebih kurang tiga kilometer.
“Seluruh siswa juga menggunakan atribut seperti bendera negara peserta, serta menampilkan kesenian Gandang Tasa khas Pariaman,” ujarnya.
Ia mengatakan seluruh siswa tersebut ditujukan untuk mendukung visi misi Kota Pariaman menjadikan daerah tujuan pariwisata.(anjas)