Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Tim Pimnas UNAND Terbanyak Luar Pulau Jawa

0

     Padang,  jurnalsumatra.com – Tim Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat, menjadi yang terbanyak dari perguruan tinggi di luar Jawa yang ikut agenda tahunan di Institut Pertanian Bogor (IPB) 8 hingga 12 Agustus 2016.
“Tim Pimnas Unand terdiri atas delapan kelompok yang akan ikut pada kategori yang berbeda dan ini terbanyak dari tim yang dikirim universitas luar Jawa,” kata Wakil Rektor III Unand, Prof Hermansah  dikonfirmasi di Padang,  Selasa.
Dia menyebutkan secara kelompok tim yang lulus terdiri atas satu tim PKM Penelitian Sosial Humaniora (PKM-PSH), tiga tim PKM Karsa Cipta (PKM-KC), dua tim PKM Pengabdian Masyarakat (PKM-M), satu tim PKM Penelitian Eksakta (PKM-PE), dan satu tim PKM Kewirausahaan (PKM-K).
Jumlah delapan tim ini terdiri atas delapan proposal penelitian yang lolos seleksi Pimnas dari 800 proposal yang diajukan dan 120 yang didanai.
“Targetnya jelas ingin juara,  namun pengembangan dan aplikasi ilmu juga menjadi tujuan ikut Pimnas tersebut,” tambahnya.
Menurutnya peluang untuk menjadi juara bagi kontingen Unand cukup terbuka dengan catatan para mahasiswa berjuang secara maksimal.

     Akan tetapi bila hasilnya tidak seperti yang diharapkan,  dia mengimbau mahasiswa untuk tidak menyerah dan tetap mempertahankan konsistensinya dalam berkarya.
Target dari kampus sendiri, sebut dia bukan hanya gelar namun. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini akan bermanfaat jika perlu dipantenkan.
“Sebab hal tersebut menjadi tujuan akhir dari sebuah penelitian,” ujarnya.
Selain Pimnas ke depan pihaknya akan konsisten mengirimkan mahasiswa ikut berbagai kompetisi untuk pengembangan bakat dan menambah pengalaman.
Untuk itu dia berharap hal ini mendapat dukungan dari dosen dan fakultas yang menaungi masing-masingnya.
Sementara itu salah satu mahasiswa Unand yang ikut Pimnas, Fitria Syarina sebelumnya berharap agar keikutsertaan tim Unand untuk menunjukkan potensi kampus kepada dunia.
Menurutnya ajang Pimnas menjadi kesempatan mahasiswa bersaing untuk memperoleh penghargaan dan prestise secara nasional.
“Yang selanjutnya dapat ikut mewakili nasional di tingkat dunia,” ujarnya.(anjas)