Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Korpri Agam Bantu Biaya Transportasi 59 Calhaj

0

     Lubuk Basung, jurnalsumatra.com – Korps Pegawai Negeri (Korpri) Kabupaten Agam, Sumatera Barat, memberikan bantuan biaya transportasi sebesar Rp29,5 juta kepada 59 calon haji yang berasal dari aparatur sipil negara (ASN) setempat.
Bantuan transportasi itu diserahkan langsung oleh Wakil Bupati  Agam, Trianda Farhan Satria di Masjid Nurul Falah Lubuk Basung, Jumat.
“Masing-masing calon haji mendapatkan bantuan trasportasi sebesar Rp500.000 per orang. Mudah-mudahan bisa dimanfaatkan untuk keperluan selama menunaikan ibadah haji,” kata Pelaksana tugas (Plt) Ketua Korpri Agam, Martias Wanto di Lubuk Basung.
Ia menambahkan Korpri Agam setiap tahun menyerahkan bantuan transportasi ini kepada anggotanya yang akan menunaikan ibadah haji.
Pada 2015, Korpri Agam juga menyerahkan bantuan transportasi sebesar Rp500 ribu per orang untuk 58 orang.
“Ini bentuk dukungan Korpri Agam kepada anggotanya sehingga pada tahun depan jumlah ASN yang menunaikan ibadah haji lebih banyak dari tahun sekarang,” tegasnya.
Sementara itu, Wakil Bupati Agam Trianda Farhan Satria, memberikan apresiasi kepada Korpri Agam yang telah memberikan bantuan trasportasi kepada anggotanya yang menunaikan ibadah haji.

     “Kita berharap bantuan ini tiap tahun diberikan, sehingga jumlah ASN menunaikan ibadah haji meningkat setiap tahun,” katanya.
Ia berpesan kepada calon haji untuk menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji, sehingga sampai ke tanah air dalam keadaan sehat dan menjadi haji yang mabrur.
Pada musim haji 2016, jumlah calon haji Agam sebanyak 327 orang yang tergabung pada kelompok terbang (Kloter) 11.
Calon haji Agam ini direncanakan berangkat ke embarkasi Padang 23 Agustus 2016 dan ke tanah suci Mekah 24 Agustus 2016 gelombang dua.
“Calon haji Agam akan bergabung dengan Kota Padang, Sawahlunto dan Sijunjung. Satu kloter berjumlah sekitar 450 orang,” sebutnya.
Sebelum berangkat menunaikan salah satu rukun Islam itu, calon haji asal Agam melakukan berbagai persiapan, mulai dari cek kesehatan, manasik, melunasi Ongkos Naik Haji (ONH), paspor dan lainnya.
Untuk cek kesehatan, katanya sudah dilakukan beberapa kali bersama Dinas Kesehatan Agam dan terakhir pemberian vaksin meningitis.
Sedangkan untuk ONH, seluruh caloh haji sudah melunasinya ke perbankan tempat dimanan calon haji menyetorkan dana awal keberangakatan.(anjas)