Universitas Brawijaya Kembali Rebut Juara Umum Pimnas

0

     Malang, jurnalsumatra.com – Universitas Brawijaya Malang kembali merebut gelar juara umum dalam perhelatan Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2016 yang digelar di Institut Pertanian Bogor (IPB) pada 8-12 Agustus 2016.
Dengan mengirimkan 29 tim di ajang tersebut, Universitas Brawijaya (UB) Malang meraih 10 medali emas, 8 perak dan 6 perunggu. “Gelar juara umum Pimnas tahun ini merupakan yang kelima kalinya,” kata Kasubag Kearsipan dan Humas UB Malang, Jawa Timur, Pranatalia Pratami di Malang, Jumat.
Pranatila yang akrab dipanggil Lia itu menuturkan tahun ini ada 29 tim UB yang lolos di Pimnas. Hasil tersebut sempat menempatkan UB di urutan kedua di bawah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang juga mengirimkan 29 tim, namun akhirnya UB meraih juara umum. Juara kedua diraih tim dari UGM dan juara ketiga adalah ITS Surabaya.
Ia menceriterakan pada saat gelaran Pimnas 2016 di IPB, kontingen UB langsung disuguhi jadwal padat, sehingga tidak ada waktu bersantai, meski hanya sejenak. Apalagi, Ketua Kontingen UB Darjito langsung meminta timnya segera menyiapkan berbagai keperluan dan persyaratan, seperti registrasi dan konsolidasi.
Selanjutnya, Darjito meminta tim untuk berkumpul. Mereka diberi arahan, termasuk hal-hal yang perlu diperhatikan selama Pimnas berlangsung karena tim UB memator target untuk mempertahankan gelar juara umum yang diraih pada Pimnas 2015 di Universitas Halu Oleo Kendari.

     Sebelum bertolak ke kampus IPB Bogor, kontingen dari UB optimistis mampu mempertahankan gelar juara umum yang telah diraih tahun lalu di Kendari maupun pada penyelenggaraan Pimnas sebelumnya.
Persiapan tim UB untuk mengikuti Pimnas 2016 di Bogor tersebut hanya 15 hari, namun tim UB tidak menyerah dan berjuang maksimal untuk meraih yang terbaik dan mampu mempertahankan gelar juara umum. Tahun lalu, persiapan UB di ajang tersebut selama dua bulan.
Sebelum berangkat, tim UB sudah mengikuti karantina di Hotel Pujon View selama tiga hari. Selama karantina tersebut, mereka berlatih presentasi dengan tiga reviewer dan presentasi sebagai pengecekan kesiapan akhir.
Dari 29 tim yang dikirim di ajang Pimnas tersebut, tim dari FTP yang paling banyak, yakni berjumlah 10 tim. Ke-10 tim itu sebelumnya juga dipamerkan pada acara konferensi yang membahas pangan di Gedung Widya Loka kampus UB Malang, yang bertajuk “2nd International Conference on Food, Agriculture and Natural Resources (Fanres)”.
Konferensi tersebut dihadiri oleh perwakilan dari 40 perguruan tinggi negeri dan swasta (PTN-PTS) di Tanah Air serta perwakilan dari beberapa negara, seperti Thailand, Jepang, dan Brunei Darussalam.(anjas)

Share.