Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


HIPMI Temanggung Bentuk Paguyuban Pengusaha Kopi

0

Temanggung, jurnalsuamtra.com – Himpunan Pengusaha Muda Indonesia Cabang Temanggung, Jawa Tengah, berinisiatif membentuk paguyuban pengusaha kopi guna meningkatkan kesejahteraan para pelaku perkopian di daerah tersebut.
Ketua Hipmi Temanggung Mukhtar Hadi Purwanto, di Temanggung, Jumat, menuturkan sebenarnya mutu kopi Temanggung sudah bagus, sedangkan dari sisi jumlah secara komulatif mestinya mampu memenuhi permintaan pasar.
“Namun, faktanya hingga saat ini jika ada pesanan mendadak menjadi bumerang karena tidak bisa memenuhinya,” katanya.
Ia menuturkan selama ini masing-masing kelompok pengusaha kopi masih menggunakan harga sendiri-sendiri atau belum ada harga baku sehingga dapat menyebabkan ketidakmerataan  kesejahteraan pengusaha kopi yang berimbas kepada para petani kopi.
“Supaya penjualan bisa satu pintu dan tidak terjadi monopoli kami berinisiatif membentuk sebuah pagayuban pelaku atau pengusaha kopi Temanggung,” katanya saat menjadi narasumber dalam  sarasehan membangun kemitraan pasar modern dengan UMKM yang digelar Dinas Perndustrian Perdagangan Kopersasi dan UMKM bekerja sama dengan HIPMI Temanggung.
Ia berharap dengan adanya sebuah paguyuban pengusaha kopi, pergerakan kopi Temanggung tidak hanya dikuasai beberapa orang saja, sebagiamana yang terjadi selama ini.
“Supaya pengusaha kopi Temanggung bisa bersatu dan penjualan bisa satu pintu, sudah saatnya membentuk sebuah koperasi,” katanya.
Kepala Disperindagkop dan UMKM Kabupaten Temanggung Rony Nurhastuti mengatakan, kemitraan dengan pasar modern penting untuk pengembangan UMKM.
Ia menutuirkan kunci keberhasilan UMKM dalam persaingan baik pasar domestik maupun pasar global adalah membangun kemitraan dengan perusahaan-perusahaan yang besar.
Oleh sebab   itu, katanya kemitraan merupakan solusi untuk mengatasi kesenjangan antara UMKM dan pasar modern.(anjas)