Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


BMKG Imbau Nelayan Sabang Waspadai Badai

0

     Sabang, Aceh, jurnalsumatra.com – Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Sabang mengimbau kepada masyarakat nelayan di Kota Sabang dan sekitarnya untuk mewaspadai terjadinya badai.
“Kecepatan angin cukup tinggi sejak sepekan terakhir dan kita mengimbau kepada para nelayan maupun pengguna jasa penyeberangan untuk tetap waspada terhadap potensi badai,” kata Kepala Stasiun BKMG Kota Sabang Siswato di Sabang, Senin.
Stasiun BMKG Cot Ba U, Kota Sabang, merilist, kecepatan angin lebih dari 60 Km/jam bertiup kencang dari arah selatan barat disertai hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
“Analisa dinamika atmosfer untuk wilayah Sabang akan mengalami angin disertai gelombang yang dipicu oleh angin dan terjadi peningkatan gelombang laut antara 2-3,5 M,” sebut Siswanto.
Pihaknya juga memprakirakan, puncak angin kencang dan gelombang tinggi diperkirakan akan berlanjut sampai Kamis dini hari tepatnya tanggal 18 Agustus ini dan kepada nelayan diharapkan dapat meningkatkan kewaspadaannya ketika melaut.

     “Kalau cuaca tidak bersahabat lebih baik para nelayan wilayah Sabang dan sekitarnya tidak melaut sementara waktu hingga keadaan kembali normal,” saran Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang itu.
Ia juga kembali mengigatkan, kepada pengguna jasa pelayaran agar tidak memaksakan keberangkatan jika kondisi cuaca dan gelombang laut tidak memungkinkan.
“Kepada kapal penyeberangan Banda Aceh-Sabang kita harapkan lebih mendahulukan serta memprioritaskan bahan pangan yang cepat rusak untuk memenuhi kebutuhan sehari-sehari bagi masyarakat Pulau Weh,” pintanya.
Stasiun BMKG Kota Sabang juga menghimbau kepada masyarakat pulau paling ujung barat Indonesia agar menghindari melintasi jalan pepohonan besar dan tiang yang berada di pinggir jalan serta selalu menyalakan lampu ketika berkendara.
“Penting untuk meningkatkan kewaspadaan dan prakiraan kami di perairan utara Aceh, laut andaman gelombang dapat lebih dari 3,5 m,” sebutnya lagi.
Adapun prakirawan-Stamet SIM Aceh, potensi terjadi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang meliputi, Aceh Besar, Banda Aceh, Sabang dan sekitarnya.
“Potensi ini kemungkinan akan terus berlanjut sampai hari Kamis, 18 Agustus dan berpeluang meluas ke Kabupaten Bener meriah, Aceh Timur, Nagan raya, dan sekitarnya,” tuturnya.(anjas)