Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


MENSOS Targetkan 3.000 E-Warung Salurkan Beras Sejahtera

0

Jakarta, jurnalsumatra.com- Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa menargetkan 3.000 warung penyalur beras sejahtera dalam jaringan (e-warung) terwujud pada 2017.
“Saat ini kami baru proyek percontohan di beberapa tempat. Sampai Desember target 300 e-warung dan tahun depan menjadi 3.000 e-warung,” kata Mensos Khofifah, di kompleks parlemen Jakarta, Selasa.
Proyek piloting e-warung, kata dia lagi, sudah dimulai di Sidoarjo dan Surabaya.
Nantinya program akan diperluas, sehingga penerima manfaat semakin banyak. Satu e-warung, katanya lagi, akan mencakup seribu keluarga penerima beras untuk keluarga sejahtera (rastra).
Khofifah mengatakan salah satu kelebihan e-warung adalah kecil peluang penerima Program Keluarga Harapan mendapat bantuan ganda.
E-warung mengharuskan penerima bantuan melakukan verifikasi dengan kartu khusus yang digesekkan ke perangkat EDC.
E-warung juga bermanfaat untuk menyalurkan bantuan dari pemerintah, seperti gas elpiji, rastra, dan pupuk bersubsidi.
“Kartu yang digesek di EDC akan keluar kertas cetakan dan diketahui ada bantuan cetakan PKH, rastra, pupuk. Misalnya hari ini ambil 50 kilogram rastra dan ada sisa 50 kilogram yang belum diambil akan diketahui. Begitu juga dengan elpiji, dia dapat tiga tabung, saya ambil satu tabung maka ada sisa dua akan diketahui,” kata dia pula.
E-warung, kata Khofifah, akan sangat efektif untuk daerah yang memiliki infrastruktur internet yang baik. Karena itu, perluasan program e-warung harus diimbangi dengan pembangunan jaringan internet.
“Ada kendala belum terkoneksi internet di beberapa daerah,” kata dia lagi.(anjas)