Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Bupati Malang Gagas Pengembangan Wisata Olahraga

0

Malang, jurnalsumatra.com – Bupati Malang Rendra Kresna menggagas pengembangan wisata olahraga di wilayah itu karena potensinya cukup besar, termasuk di area Stadion Kanjuruhan Kepanjen.
“Jadi nanti ragam wisata di Kabupaten Malang lebih banyak lagi, tidak hanya wisata agro dan alam saja, juga menyasar segmen olahraga yang nantinya juga menjadi salah satu andalan Kabupaten malang untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan lokal maupun manca negara,” katanya di Malang, Jawa Timur, Rabu.
Ia mengakui munculnya ide wisata olahraga tersebut karena Stadion Kanjuruhan Kepanjen akan dijadikan venue supermoto internasional, Oktober mendatang.
Hal itu, katanya, bukti bahwa Kabupaten Malang bisa menjadi destinasi wisata favorit, bahkan ke depan akan dikembangkan olahraga lain yang tidak hanya otomotif.
Indonesia dipilih sebagai lokasi perhelatan FIM Asia Supermoto untuk pertama kalinya. Kabupaten Malang dipercaya sebagai tuan rumah seri ke-2 yang digelar pada 8 dan 9 Oktober mendatang. Kegiatan itu digagas oleh “executive event organizer” asli Malang, EW 702 Sports.
Direktur EW 702, Endiyatmo Widagdo, mengatakan awalnya pihaknya dilobi banyak daerah untuk menyelenggarakan kegiatan itu di luar Malang.
Namun, sebagai orang asli Malang, Endiyatno berkomitmen untuk menyelenggarakan di Kabupaten Malang.
Ia menuturkan seri pertama akan digelar pada 3 dan 4 September 2016 di Newcastle Australia. Saat ini sudah ada pebalap dari 14 negara yang siap mengikuti kegiatan itu.
“Targetnya ada 20 negara yang berpartisipasi dalam ‘event’ internasional ini,” ujarnya.
Ia mengatakan penyelenggaraan di Stadion Kanjuruhan akan dikemas sedemikian rupa dengan stadion luar Kanjuruhan akan disulap menjadi sirkuit balap, di mana 80 persen sirkuit aspal dan 20 persen sirkuit tanah (offroad). Total sirkuit sepanjang 1,2 kilometer.
“Lokasi stadion luar Kanjuruhan tersebut sudah disurvei pihak FIM Asia dan dinyatakan oke,” katanya.
Pada kesempatan sebelumnya, CEO Asia Super Sport Group Satheswaran Mayachandran mengatakan kegiatan itu akan diliput media dari seluruh dunia, termasuk Fox Sport Asia yang akan menayangkan selama 60 menit yang secara otomatis akan mengangkat Kabupaten Malang di kancah internasional.
Ia mengatakan di berbagai negara sudah dirintis wisata olahraga.
“‘Event’ ini bisa dijadikan Kabupaten Malang sebagai pijakan untuk merintis wisata olahraga seperti negara lain yang telah menerapkannya. Selain itu, perhelatan akbar ini juga akan memperkenalkan lokasi wisata di Kabupaten Malang di kalangan penikmat olahraga otomotif dunia,” katanya.(anjas)