Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pengalihan Arus Sebabkan Kemacetan Di Sejumlah Jalan

0

Jakarta, jurnalsumatra.com – Pengalihan arus kendaraan di sekitar Istana Kepresidenan Jakarta Pusat saat Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih pada acara HUT ke-71 Kemerdekaan RI menyebabkan sejumlah ruas jalan di Jakarta mengalami kemacetan, Rabu pagi.
Penutupan jalan menuju Harmoni dari arah Jalan Medan Merdeka Timur (depan Stasiun Gambir) dan Jalan Veteran menyebabkan arus kendaraan mengalami kemacetan hingga ke Pasar Baru.
Kemacetan juga terjadi di Jalan Pejambon menuju Stasiun Gambir karena banyaknya jumlah kendaraan dan terjadinya penutupan jalan.
Banyaknya kendaraan yang melintas di Jalan Salemba menyebabkan ruas jalan tersebut tersendat, mulai jembatan layang Senen hingga Matraman. Hal ini disebabkan karena banyak warga dan siswa sekolah pulang usai melakukan upacara HUT Kemerdekaan RI di tempat kerjanya dan sekolah.
Petugas kepolisian dan Dinas Perhubungan bekerja sama menutup jalan di sekitar Istana Kepresidenan yakni Jalan Medan Merdeka Barat, Jalan Medan Merdeka Utara, Jalan Veteran Raya, Jalan Veteran 1, 2 dan 3, Jalan Majapahit dari arah Jalan Harmoni, area Silang Monas, Jalan Museum, serta Jalan Budi Kemuliaan dari ara Jalan Abdul Muis.
Pengalihan arus di Bundaran Air Mancur belok kiri menuju Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majapahit-Jalan Harmoni.
Bundaran Air Mancur belok kanan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan-Jalan Medan Merdeka Timur, selanjutnya kendaraan dari Jalan Merdeka Selatan-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Majaphit-Jalan Harmoni.
Kendaraan di lampu merah Budi Kemuliaan-Jembatan belok kiri arah Jalan Kebon Sirih-Jalan MH Thamrin.
Sekitar pertigaan Pertamina Pejambon arah Jalan Merdeka Utara-Jalan Merdeka Timur-Jalan Perwira-Jalan Lapangan Banteng-Pejambon-Jalan Merdeka Timur-Tugu Tani-Jalan Ridwan Rais-Jalan Merdeka Selatan-Bundara Air Mancur.
Perempatan lampu merah Harmoni arah Jalan Majapahit-Jalan Ir H Juanda-Pintu Air-Jalan Pos-Jalan Lapanga Banteng-Jalan Pejambon-Jalan Merdeka Timur-Tugu Tani-Jalan Merdeka Timur-Jalan Merdeka Selatan.
Kendaraan dari Stasiun Kota menuju Jalan Harmoni belok kiri ke lampur merah Olimo-Jalan Mangga Besar-Jalan Gunung Sahari-Jalan Wiryo Pranoto-Jalan Pecenongan-Jalan Samanhudi-Jalan Gunung Sahari. Kemudian kendaraan dari Stasiun Kota menuju Jalan Harmoni diarahkan ke kanan Jalan Zainul Arifin.
“Pengalihan arus agar Upacara Kemerdekaan RI berjalan khidmat,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Awi Setiyono, di Jakarta, Rabu.
Kombes Awi menuturkan selain kendaraan tamu Upacara Kemerdekan RI maka yang lainnya tidak diperbolehkan melintasi ruas jalan di sekitar Istana Kepresidenan selama pengibaran bendera.
Awi juga menyebutkan bus Transjakarta dihentikan operasinya mulai pukul 09.30 WIB hingga 10.30 WIB.
Pengalihan arus lalu lintas juga diberlakukan untuk kendaraan pribadi dan angkutan umum saat Upacara Penurunan Bendera mulai pukul 15.00 WIB-18.00 WIB.
Polisi menutup jalur Transjakarta mulai pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB selama Upacara Penurunan Bendera Merah Putih.
Petugas mengimbau para pengendara untuk menghindari jalur tersebut sesuai jam penutupan guna menghindari kemacetan lalu lintas.
Pantauan Antara, di seputar Istana Kepresidenan terlihat aparat kepolisian dari Brimob dan TNI membawa senjata laras panjang untuk menjaga keamanan saat pelaksanaan Upacara Detik-Detik Kemerdekaan RI di Istana Merdeka yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Wapres Jusuf Kalla, para pejabat negara, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan sejumlah pemimpin lembaga negara.(anjas)