Menteri Sosial Buka Pemantapan Relawan Tagana Nasional

0

    Bogor, Jawa Barat, jurnalsumatra.com – Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa membuka kegiatan pemantapan Taruna Siaga Bencana Madya bidang Manajemen Pos Komando yang diikuti oleh relawan TAGANA dari 34 provinsi se-Indonesia.
Pada kegiatan yang berlangsung di Tagana Training Center, Sentul (Jawa Barat), Kamis pagi, Menteri Khofifah menyampaikan perlu adanya peningkatan kemampuan para relawan TAGANA agar mampu bertindak lebih efektif dalam merespon peristiwa bencana di Indonesia.
“Saya dapat data indeks terbaru, 323 kabupaten/kota berisiko terhadap bencana. Jika tidak ditangani dengan cepat, yang semula bencana alam akan jadi bencana kemanusiaan,” tutur Menteri Khofifah menegaskan.
Lebih lanjut ia menjelaskan, tantangan penanggulangan bencana di tingkat global, regional dan nasional yang semakin rumit sudah tentu membutuhkan keberadaan personil yang kompeten, sehingga penguatan kesiagaan untuk respons bencana adalah prioritas.
Selain itu, mitigasi risiko dan penanganan dampak bencana mensyaratkan hubungan antara urusan kemanusiaan dan pembangunan yang lebih baik untuk memastikan keselarasan penguatan risiko bencana dan respon bencana yang lebih efektif, tuturnya.

Oleh sebab itu, dalam upaya pengembangan kapasitas pelaku tanggap darurat di lapangan dan sebagai bagian dari kesiapsiagaan, pemerintah melalui Kementerian Sosial secara berkala mengadakan pelatihan bagi TAGANA.
Sebagai unsur yang terdekat dengan lokasi bencana, TAGANA diwajibkan untuk siap hadir di lokasi setelah satu jam bencana terjadi dan cepat tanggap dalam melakukan perlindungan sosial terhadap korban bencana, serta memiliki pemahaman tentang penanggulangan bencana agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.
“Kita tidak bisa mengelak lagi, yang harus dilakukan yakni mereduksi kemungkinan risiko bencana dengan membangun antisipasi dini masyarakat di daerah-daerah rawan bencana dan dengan peta yang tersedia,” kata Menteri Khofifah menambahkan.
Pada kegiatan pemantapan itu, sebanyak 120 personil TAGANA tingkat Madya diberikan pelatihan untuk mendapat pembekalan tentang Manajemen Posko Penanggulangan Bencana pada 15-20 Agustus 2016 di Tagana Training Center, Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.(anjas)