Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


MPR : Hari Konstitusi Diharapkan Dapat Tumbuhkan Demokratisasi

0

     Jakarta, jurnalsumatra.com – Peringatan Hari Konstitusi dipandang penting dan strategis di tengah kondisi bangsa Indonesia yang sedang menghadapi berbagai tantangan dan dinamika sehingga diharapkan dapat membawa dan menumbuhkan arus deras demokratisasi di segala bidang.
Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan hal itu dalam pidatonya pada Peringatan Hari Konstitusi yang diselenggarakan MPR di Gedung MPR/DPR/DPD, Jakarta, Kamis.
Hadir pada kesempatan tersebut antara lain, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Para Wakil Ketua MPR, Wakil Ketua Mahkamah Agung, dan Wakil Ketua Komisi Yudisial.
“Demokrasi modern yang ingin kita wujudkan, haruslah  berakar pada penegakan kedaulatan rakyat, dengan tidak menanggalkan nilai-nilai ke-Indonesia-an, sebagai bangsa yang memiliki jati diri,” katanya.

     Zulkifli menegaskan, konstitusi adalah konsensus seluruh warga negara mengenai bangunan negara seperti apa yang diharapkan secara ideal.
Konstitusi, kata dia, haruslah memuat hasil perjuangan politik di masa yang lalu,  dan merangkum konsensus tokoh-tokoh bangsa yang hendak diwujudkan di masa mendatang.
Dia menambahkan, konstitusi juga merupakan produk politik, “resultante” dari berbagai kepentingan masyarakat dan daerah, yang secara alamiah akan terus berkembang sesuai dengan dinamika dan kebutuhan masyarakatnya.
“Karena itu, sebagai konstitusi yang hidup harus menyesuaikan dengan tuntutan zaman,” katanya.
Pada peringatan Hari Konstitusi ini juga akan diselenggarakan grand final, Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR, tingkat SMA/SMK/MA.(anjas)