Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD Ramadhan


Pemilih PILKADA 2017 Di Lhokseumawe 138.715 Jiwa

0

Lhokseumawe, Aceh, jurnalsumatra.com- Pemilih di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, untuk Pemilihan kepala daerah (Pilkada) gubernur/wagub dan wali kota/wakil wali kota secara serentak 2017 tercatat 138.715 jiwa.
Komisioner Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Lhokseumawe Deddy Syahputra di Lhokseumawe, Rabu mengatakan, jumlah pemilih tersebut berdasarkan data sinkronisasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) pusat untuk wilayah pemilihan Kota Lhokseumawe.
Ia menyebutkan, dari jumlah keseluruhan data pemilih, sebanyak 68.355 jiwa berjenis kelamin laki-laki dan perempuan 70.360 jiwa.
“Artinya lebih tinggi persentase pemilih yang berjenis kelamin perempuan, bila dibandingkan dengan pemilih yang berjenis kelamin laki-laki,” ungkap Deddy.
Ia juga menyebutkan, mengenai data pemilih, pihaknya akan melakukan langkah awal berupa pemutakhiran data untuk disempurnakan menjadi data pemilih dalam Pilkada 2016 di Kota Lhokseumawe.
Sedangkan kegiatan lainnya yang akan segera dilakukan oleh KIP Lhokseumawe, menurut Deddy, dibentuk petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) agar dapat melaksanakan kegiatan pemutakhiran data pemilih yang ada.
“Rencananya, paling lambat 5 September mendatang sudah dibentuk petugas pemilih ini dan sekaligus diberi bimbingan teknis terkait masalah pendataan pemilih,” terang Deddy lagi.
Karena sebagaimana dikatakan olehnya, bisa jadi data pemilih yang disinkronisasikan oleh KPU tersebut, kemungkinan terjadi perubahan sangat besar.
“Apakah hal itu terkait dengan keberadaan pemilih yang masih menetap di Kota Lhokseumawe atau juga ada pemilih yang sudah meninggal dunia,” ujar dia.
Dikatakan, ini perlunya dilakukan pemutakhiran data pemilih kembali, supaya dapat diketahui tentang kondisi terkini pemilih, karena dalam dinamikanya keadaan dan jumlah pemilih pasti berubah.(anjas)