Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Desa Lembang Patapadang Terbaik Tingkat Provinsi

0

     Makassar, jurnalsumatra.com – Desa Lembang Pata’padang, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Toraja Utara, meraih penghargaan terbaik pertama pada lomba desa tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).
“Meraih prestasi tidak mudah, ini adalah indikator bahwa setidaknya kebutuhan dasar masyarakatnya telah terpenuhi,” kata Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo usai menyerahkan piala, piagam, dan hadiah lomba desa dan kelurahan tingkat Provinsi Sulsel, di Makassar, Kamis.
Sementara untuk kategori kelurahan, diraih Kelurahan Labbukang, Kecamatan Ujung, Kota Parepare.
Desa dan kelurahan ini telah mewakili Sulsel mengikuti lomba di tingkat nasional. Hasilnya, Desa Lembang Pata’padang meraih juara II tingkat nasional, sementara Kelurahan Labbukang meraih juara III tingkat nasional.

     Untuk para pemenang pertama, Pemprov Sulsel memberikan piala bergilir gubernur dan ketua TP PKK provinsi, piala tetap, piagam penghargaan, dan dana stimulan pembangunan sebesar Rp100 juta.
Gubernur dalam sambutannya mengatakan bahwa dirinya memahami betapa sulitnya meraih prestasi ini. “Saya pernah menjadi kepala desa, dan saya juga pernah meraih penghargaan ini, saya tahu ini tidak mudah,” kata Syahrul.
Prestasi, lanjutnya, memang bukanlah segalanya, tetapi ini adalah bukti bahwa pemerintah telah melaksanakan tugasnya dengan baik.
Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa dan Kelurahan (BPMPDK) Sulsel Mustari Soba mengatakan pihaknya telah melakukan penilaian sejak 16 Mei hingga 4 Juni, yang diikuti 15 kabupaten/kota, terdiri atas 11 desa dan 6 kelurahan.
“Penilaian dilakukan dengan mengacu pada data perkembangan desa dalam dua tahun terakhir dan telah diverifikasi,” ucapnya.
Selain lomba desa, penghargaan juga diberikan untuk lomba badan usaha desa berprestasi, dan lomba inovasi teknologi tepat guna.(anjas)