Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Generasi Muda Diminta Mencontoh Semangat Perjuangan Veteran

0

     Semarang, jurnalsumatra.com – Generasi muda diminta mencontoh semangat perjuangan dari para veteran dalam mengisi kemerdekaan, kata Ketua DPD Legiun Veteran Republik Indonesia Jawa Tengah Amin Munajat.
“Hal ini sejalan dengan program kerja dari kami yaitu menumbuhkan kembali semangat perjuangan dikalangan pelajar,” katanya di Semarang, Kamis.
Hal tersebut disampaikan Amin usai menerima kunjungan silaturahim Fraksi Partai Keadilan Sejahtera DPRD Jawa Tengah.
Ia menjelaskan bahwa salah satu misi LVRI adalah mewariskan nilai-nilai kejuangan 1945 kepada generasi penerus bangsa, khususnya para pelajar.
“Selama ini kami cukup kesulitan untuk bisa bekerja sama dengan sekolah negeri untuk menjalankan misi kami ini karena terbentur dengan padatnya kurikulum, untungnya itu tidak terjadi pada sekolah swasta, mereka sangat ‘welcome’ dengan kegiatan yang diadakan LVRI,” ujarnya.
Ia menyebutkan, semua warga negara Republik Indonesia yang ikut secara aktif dalam sesuatu peperangan membela kemerdekaan dan kedaulatan negara Indonesia berhak menjadi anggota LVRI.

     “Anggota LVRI itu terdiri dari para veteran perang kemerdekaan, trikora, dwikora, Timor Timur, dan pasukan perdamaian, di Jawa Tengah ada sekitar 8.000 orang anggota LVRI dan jumlah itu berkurang tiap tahunnya,” katanya.
Ketua Fraksi PKS DPRD Jawa Tengah Karsono mengatakan bahwa para veteran mempunyai semangat perjuangan yang perlu dicontoh oleh generasi muda saat ini.
“Proses pencarian jatidiri pemuda membutuhkan arahan dan pewarisan, salah satunya dari para veteran,” ujarnya.
Sekretaris FPKS Jateng Riyono menambahkan hal yang bisa dilakukan untuk memupuk rasa nasionalisme dan membentuk jiwa patriotisme dengan bukan sekadar upacara bendera saja, namun nilai-nilai perjuangan para pahlawan serta pejuang kemerdekaan haruslah melekat dalam diri dan terpatri dalam jiwa.
“Mari perjuangkan apa yang harus kita perjuangkan, ikut membangun negeri dengan kemampuan yang dimiliki, bisa dengan materi maupun segudang prestasi, dengan era teknologi dan informasi yang luar biasa saat ini seharusnya membuat kita mampu untuk memilih dan memilah apa yang baik dan bermanfaat sehingga kita dapat berikan bukti terbaik sebagai bentuk rasa cinta tanah air,” katanya.(anjas)