Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pesisir Selatan Tegaskan Rayonisasi Harus Dilaksanakan

0

     Painan, Sumbar, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), menegaskan bahwa rayonisasi harus dilaksanakan karena hal itu merupakan dasar mendirikan sebuah sekolah.
“Mau tidak mau harus dilaksanakan karena rayonisasi merupakan kesepakatan semua pihak sebelum sebuah sekolah didirikan,” kata Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pesisir Selatan, Zulkifli di Painan, Jumat.
Ia menambahkan dari kesepakatan itu barulah pemerintah kabupaten mengesahkan dan tanpa adanya rayon yang jelas tentu tidak keluar izin pendirian sebuah sekolah.
Namun dalam perkembangannya beberapa pelajar diinformasikan tidak melanjutkan pendidikan dari jenjang sekolah dasar (SD) ke sekolah menengah pertama (SMP) karena alasan jauhnya jarak rumah ke sekolah dan mereka tidak sanggup memenuhi ongkos pulang pergi setiap bersekolah.
Hal tersebut, menurutnya bukanlah alasan karena apabila tidak mengikuti rayonisasi tentu sekolah yang sudah berdiri atas dasar rayonisasi bisa tutup karena tidak ada yang bersekolah disana.

     “Jadi mau tidak mau tidak mau harus bersekolah ke rayon yang ditunjuk karena itu sudah disepakati sebelum pendirian sekolah,” ujarnya lagi.
Diteruskan Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pendidikan, Kecamatan Sutera, Jufri apabila diantara pelajar yang tidak bisa melanjutkan pendidikan berasal dari keluarga miskin maka transportasinya bisa dianggarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).
Hal tersebut menurutnya sudah diatur dalam petunjuk teknis penggunaan dana BOS sehingga jarak tidak menjadi alasan dalam melanjutkan pendidikan.
“Kalau besarannya tentu disesuaikan dan ini cukup membantu siswa miskin yang butuh biaya pulang pergi dari rumah ke sekolah,” ujarnya.
Sebelumnya 13 siswa miskin di Nagari Taratak, Kecamatan Sutera diinformasikan tidak melanjutkan pendidikan ke tingkat SMP karena terkendala jauhnya jarak sekolah sehingga orang tua mereka tidak memiliki uang lebih untuk ongkos pulang pergi.(anjas)