Selebriti Cafe Mansion Herman Deru DPRD


Pemkot Ajukan Bantuan Revitalisasi Pasar Klewer Timur

0

      Solo, jurnalsumatra.com – Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, mengajukan permohonan bantuan anggaran senilai Rp47 miliar untuk merevitalisasi Pasar Klewer sisi timur ke Kementerian Perdagangan, kata Kepala Dinas Pengelola Pasar Pemkor Surakarta Subagiyo.
“Apabila revitalisasi tersebut bisa dilakukan bakal selaras dengan proyek Pasar Klewer sisi barat yang kini dalam tahap pembangunan,” kata Subagiyo di Solo, Senin.
Ia mengatakan proposal permohonan bantuan anggaran revitalisasi Pasar Klewer sisi timur telah diajukan ke Kemendag. Detail engineering design (DED) penataan Pasar Klewer sisi timur telah selesai. Kalau anggaran turun, tinggal melaksanakan pekerjaan revitalisasi di tahun depan.
Dikatakannya konsep revitalisasi Pasar Klewer timur akan dibangun ke bawah. Artinya, lokasi berjualan para pedagang akan dipindah ke lantai basement dan semi basement. Bangunan pasar timur dan barat akan dibuat jalur khusus sebagai penghubung kedua bangunan pasar tersebut.

     “Jadi nanti bangunan sisi timur hanya dibangun dua lantai ke bawah. Ada koneksitas bangunan basement, semi basement sisi barat dan timur. Lantai atasnya untuk hall,” katanya.
Subagiyo telah menyosialisasikan rencana pembangunan pasar timur kepada pedagang. Berdasarkan data DPP, jumlah pedagang pasar sisi timur tercatat ada 446 pedagang. Nantinya, seluruh pedagang sisi timur akan direlokasi ke pasar darurat jika proyek pembangunan berlangsung.
Namun, pihaknya belum bisa memastikan lokasi pasar darurat untuk menampung pedagang tersebut. Begitu pula saat ditanya kemungkinan pedagang apakah akan direlokasi ke pasar darurat Klewer yang sebelumnya dibangun Pemkot untuk menampung pedagang pasar sisi barat di Alut, dia belum bisa memastikannya. Mengingat perjanjian sewa lahan  Alut dengan pihak Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat hanya dua tahun, terhitung sejak 2015.
Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo mengatakan revitalisasi Pasar Klewer sisi timur mendesak untuk direalisasikan. Hal ini sejalan dengan pembangunan kembali Pasar Klewer sisi barat yang terbakar akhir 2014 silam.
“Kami berharap pemerintah pusat memberikan kucuran anggaran untuk revitalisasi Pasar Klewer sisi timur,” katanya.(anjas)